Analisis Kebutuhan Pengembangan Desain Program Peningkatan Kesejahteraan Siswa (Student Wellbeing) Berbasis Kemitraan Keluarga Dan Sekolah

Efiyanti, Alfiana Yuli ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5193-4802, Wahyuni, Esa Nur and Pusposari, Luthfiya Fathi (2022) Analisis Kebutuhan Pengembangan Desain Program Peningkatan Kesejahteraan Siswa (Student Wellbeing) Berbasis Kemitraan Keluarga Dan Sekolah. Research Report. .. (In Press)

[img] Text
Laporan_Lengkap-46118 litapdimas 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kesejahteraan anak (student wellbeing) telah menjadi isu internasional dalam dunia
pendidikan. Tujuan pendidikan dapat tercapai apabila kesejahteraan tersebut terwujud dengan
indikator anak merasa aman, nyaman dan terlindungi baik ketika di sekolah maupun ketika sedang
berada di lingkungan keluarga. Pada kenyataannya permasalahan-permasalahan muncul sehingga
menghambat terwujudnya student wellbeing. Kerjasama yang intens, terprogram dan komprehensif
antara orang tua dan sekolah pada beberapa referensi terbukti dapat membantu memecahkan
persoalan-persoalan tersebut.
Kaitannya dengan issue student wellbeing dan program kemitraan, maka penelitian ini
bertujuan untuk 1). Mengeksplorasi bentuk kemitraan antara keluarga dengan sekolah untuk
meningkatkan kesejahteraan siswa, 2) Menganalisis permasalahan-permasalahan yang terjadi pada
kemitraan keluarga dengan sekolah, 3) Menemukan model program kemitraan yang terencana dan
holistik yang dapat meningkatkan kesejahteraan siswa.
Pendekatan metode kuantitatif dan kualitatif (mix methods) dengan jenis explanatory mix
method design telah digunakan agar mendapatkan gambarnya yang utuh mengenai permasalahan
sekaligus menemukan alternative solusi. Ada 3 lokasi pendidikan tingkat dasar yang diteliti sebagai
subyek yang diteliti, yaitu SDN Tlekung 1, SDN Tlekung 2, dan MIN 3 Jmbang. Melalui mix method
ini, data kuantitatif dikumpulkan terlebih dahulu menggunakan angket elektronik. Selanjutnya
peneliti melakukan konfirmasi ke lapangan dengan teknik observasi dan wawancara. Selanjutnya,
baik data kuantitatif maupun kualitatif dianalisis kemudian temuan-temuan dibuat suatu kesimpulan
dan melahirkan suatu rekomendasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ketiga subyek yang diteliti telah ada hubungan
kerjasama antara orang tua dan sekolah, namun masih bersifat incidental, belum terprogram dan
belum terlaksana secara kompresehensive. Dalam hubungan kerjasama tersebut terdapat
permasalahan-permasalahan yang meliputi permasalahan pada aspek akademi, aspek sosial dan
aspek ekonomi. Orang tua dan sekolah membutuhkan hubungan yang lebih intens dan holistik dalam
bentuk program kemitraan. Program itu diharapkan dapat: 1) membantu memberikan kemampuan
orang tua memahami kebutuhan anak, (2) membantu guru memperoleh kemampuan berkomunikasi
dengan orang tua, dan (3) membantu orang tua mengurai dampak permasalahan ekonomi pada
kesejahteraan anak. Secara nyata program yang diinginkan berbentuk 1) pelatihan parenting yang
terjadwal, 2) Pelatihan komunikasi bagi guru dan pengelola sekolah yang terjadwal, 3) forum diskusi
orang tua, guru dan pengelola sekolah yang terjadwal, 4) usaha bersama antara orang tua dan
pengelola sekolah dalam bentuk koperasi.
Atas dasar keterbatasan-keterbatasan pada penelitian ini, maka direkomendasikan pada
peneltiti selanjutnya agar mengembangkan metode penelitian, memperluas cakupan subyek yang
diteliti dan memperluas substansi pembahasan aspek kemitraan. Harapannya penelitian lanjutan
dapat mewujudkan kebutuhan pada program kemitraan keluarga dan sekolah untuk meningkatkan
kesejahteraan siswa (student wellbeing).

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kesejahteraan Anak, Student Wellbeing, Student Wellbeing, Kemitraan Keluarga dan Sekolah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Alfiana Yuli Efiyanti
Date Deposited: 31 Dec 2023 08:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item