Monitoring dan evaluasi: konsep dan penerapannya bagi pembinaan kemahasiswaan

Mustofa, M. Lutfi (2012) Monitoring dan evaluasi: konsep dan penerapannya bagi pembinaan kemahasiswaan. UIN-Maliki Press, Malang. ISBN 978-602-958-468-4 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text (Full text)
monitoring.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia organisasi pendidikan, bisnis, industri, maupun pemerintahan, berbagai model dan teori organisasi digunakan untuk menginisiasi analisis masalah dan kebutuhan, merancang desain dan pengembangannya, serta implementasi dan evaluasinya agar roda manajemen berjalan ke arah yang benar. Nilai dan keyakinan yang ingin dibangun adalah, bahwa proses tersebut bisa menjadi alat yang sangat membantu dalam mengevaluasi program dan mencapai hasil, seperti peningkatan semangat kerja, produktivitas, efsiensi, kepuasan pelanggan, keuntungan, dan seterusnya. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia pendidikan, tidak terkecuali Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, dewasa ini adalah mempelajari teori dan/atau model organisasi serta menerapkannya dalam tata kelola manajemennya sendiri.

Buku Monitoring dan Evaluasi: Konsep dan Penerapannya bagi Pembinaan Kemahasiswaan ini ipublikasikan oleh Unit Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang sebagai standar rujukan bagi para mahasiswa maupun pengelola unitunit kerja di fakultas dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi. Dalam buku ini dikaji secara jelas siklus, tahapan, dan langkah-langkah merencanakan dan melaksanakan monitoring dan evaluasi. Sistematika penjelasan dan konten buku ini pada bagian terbesarnya diadopsi dari karya Khalid Nabris (2002), Monitoring and Evaluation: Based on PASSIA Training Course. Jerussalem, Palestinian Academic Society for the Study of International Affairs (PASSIA). Namun, pada bagian terbesar itu juga dilakukan adaptasi dengan kondisi di Fakultas Psikologi dan diperkaya dengan beberapa literatur lain yang relevan, seperti Glyn Rogers and Linda Badham (1997), Evaluation in School: Getting Started on Training and Implementation. New York, Routledge.

Dalam buku ini, para pembaca diperkenalkan dengan konsep monitoring dan evaluasi, langkah-langkah logis, dan informasi praktis tentang penerapan model dan teori secara efektif. Terutama, buku ini menyajikan bantuan teknis yang cukup bermanfaat dalam membuat keputusan untuk melakukan evaluasi dan memperoleh daya dukung dari pihak dan/atau sistem manajemen organisasi. Selain itu, buku ini juga mencoba untuk memperkenalkan beberapa metode monitoring dan evaluasi dengan cara-caranya yang ringkas dan praktis, sehingga dapat membantu pembaca dalam menemukan langkah-langkah dalam waktu yang sesegera mungkin.

Akhirnya, saya sangat bersyukur bahwa buku ringkas monitoring dan evaluasi ini dapat dipublikasikan di tengah publik kampus UIN Maliki Malang. Selama menyelesaikan buku ini sempat muncul sebuah kesadaran, bahwa memiliki pengetahuan saja tidak cukup untuk menjadikan sebuah organisasi itu baik dan sehat. Kemauan dan kemampuan untuk menghubungkan pengetahuan dengan apa yang sedang kita pikirkan itu adalah sangat penting. Namun, dalam konteks dunia kerja, pemikiran kita mengenai sesuatu yang penting itu ternyata belum tentu juga dipandang penting, karena masih berhubungan dengan sejumlah nilai dan keyakinan yang berbeda-beda dengan orang lain. Di sinilah konsep, model, serta teori perencanaan dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi dalam dunia kerja menjadi sangat krusial untuk dipahami, agar semua proses dan pihakpihak yang terlibat di dalamnya berada pada posisi yang tepat untuk mencapai tujuan program atau organisasi.

Item Type: Book
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: M. Lutfi Mustofa
Date Deposited: 03 Feb 2017 12:39

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item