Struktur berpikir siswa terhadap kesalahan membaca berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan masalah matematika melalui defragmentasi

Hadi, Heri Sopian, Susanti, Elly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9528-4947 and Turmudi, Turmudi (2022) Struktur berpikir siswa terhadap kesalahan membaca berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan masalah matematika melalui defragmentasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (3). pp. 3326-3341. ISSN 25799258

[img] Text
12053.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (517kB)

Abstract

Struktur berpikir merupakan refresentasi internal dari aktifitas mental siswa yang menggambarkan alur penyelesaian masalah matematika. Struktur berpikir ialah salah satu faktor yang mempengaruhi kesalahan penyelesaian masalah matematika siswa. Oleh karena itu, kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, membutuhkan solusi yang tepat, salah satunya dengan melakukan defragmentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan defragmentasi struktur berpikir siswa sekolah menengah pertama terhadap kesalahan membaca berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan masalah matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria, yaitu siswa yang memiliki kesalahan membaca (reading error). Data penelitian terdiri atas jawaban, rekaman hasil wawancara semi terstruktur dan hasil think aloud siswa. Adapun teknik analisis yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa defragmentasi dapat membantu siswa untuk menata ulang struktur berpikir yang dimiliki. Hal ini dibuktikan dengan lengkapnya struktur berpikir siswa dari tahap menafsirkan/memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi.

Item Type: Journal Article
Keywords: defragmentasi; struktur berpikir; penyelesaian masalah
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education
Depositing User: Elly Susanti
Date Deposited: 14 Feb 2023 10:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item