Hadi, Heri Sopian, Susanti, Elly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9528-4947 and Turmudi, Turmudi (2022) Struktur berpikir siswa terhadap kesalahan membaca berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan masalah matematika melalui defragmentasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (3). pp. 3326-3341. ISSN 25799258
Text
12053.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (517kB) |
Abstract
Struktur berpikir merupakan refresentasi internal dari aktifitas mental siswa yang menggambarkan alur penyelesaian masalah matematika. Struktur berpikir ialah salah satu faktor yang mempengaruhi kesalahan penyelesaian masalah matematika siswa. Oleh karena itu, kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, membutuhkan solusi yang tepat, salah satunya dengan melakukan defragmentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan defragmentasi struktur berpikir siswa sekolah menengah pertama terhadap kesalahan membaca berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan masalah matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria, yaitu siswa yang memiliki kesalahan membaca (reading error). Data penelitian terdiri atas jawaban, rekaman hasil wawancara semi terstruktur dan hasil think aloud siswa. Adapun teknik analisis yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa defragmentasi dapat membantu siswa untuk menata ulang struktur berpikir yang dimiliki. Hal ini dibuktikan dengan lengkapnya struktur berpikir siswa dari tahap menafsirkan/memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | defragmentasi; struktur berpikir; penyelesaian masalah |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education |
Depositing User: | Elly Susanti |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 10:33 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |