Internasionalisasi bahasa Indonesia: pembelajaran BIPA untuk pemandu wisata di KBRI Hanoi-Vietnam tahun 2021 (halaman 448−457)

Pitaloka, Hersila Astari (2021) Internasionalisasi bahasa Indonesia: pembelajaran BIPA untuk pemandu wisata di KBRI Hanoi-Vietnam tahun 2021 (halaman 448−457). Presented at Seminar dan Lokakarya Kemahiran Berbahasa: Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional 2021, 2-4 Nov 2022, Jakarta.

[img] Text
12079.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah memaparkan kegiatan pembelajaran BIPA untuk pemandu wisata di KBRI Hanoi-Vietnam tahun 2021. Pemandu wisata merupakan sasaran strategis untuk mengembangkan internasionalisasi bahasa Indonesia melalui pengajaran BIPA. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemelajar BIPA yang berprofesi sebagai pemandu wisata memerlukan kesesuaian materi ajar berdasarkan kebutuhan pekerjaan. Aspek-aspek tersebut meliputi (1) keterampilan berbahasa (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis); (2) ketatabahasaan; (3) pengetahuan budaya; (4) pengetahuan adat istiadat dan kebiasaan; dan (5) nilai-nilai dan norma (meliputi cara bersikap, cara bicara, dan sebagainya). Materi ajar harus mempertimbangkan profesi pemelajar sebagai pemandu wisata. Pada tahun 2021, pembelajaran BIPA dilakukan secara daring atau virtual sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi pengajar ataupun pemelajar. Media-media pembelajaran yang digunakan bergantung pada teknologi yang ada. Oleh sebab itu, pengajar harus kreatif dalam menciptakan inovasi pembelajaran yang akan mendukung keberhasilan pencapaian kompetensi. Beberapa aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring pada program ini, yaitu (1) zoom, (2) padlet, (3) wordwall, (4) quizizz, (5) kahoot, dan (6) google form. Selain itu, alat evaluasi harus terstandar dan memiliki keunikan yang disesuaikan dengan kebutuhan pemelajar dari profesi pemandu wisata. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk kompetensi, selain empat keterampilan berbahasa tersebut adalah (1) kompetensi tentang budaya masyarakat Indonesia, (2) kebiasaan masyarakat Indonesia, dan (3) kesantunan berbahasa dalam konteks keterampilan berbicara khususnya.

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: internasionalisasi bahasa Indonesia; pembelajaran BIPA; BIPA untuk pemandu wisata
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Sharia Business Law
Depositing User: Hersila Astari Pitaloka
Date Deposited: 15 Nov 2022 11:02

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item