Zeolit alam dan sodalite yang diembankan doxorobisin untuk terapi kanker payudara: pengamatan pelepasan ion, sitotoksisitas dan karakteristik pelepasan obat

Elok Kamilah Hayati and Armeida Dwi Ridhowati Majid (2022) Zeolit alam dan sodalite yang diembankan doxorobisin untuk terapi kanker payudara: pengamatan pelepasan ion, sitotoksisitas dan karakteristik pelepasan obat. 000314482.

[img]
Preview
Text
12080.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian ini akan memberikan subangsih kepada institusi dan masayarkat terkait obat alternatif sebagai antikanker. Dengan memanfaatkan bahan alam zeolite untuk digunakan sebagai DDS (pengemban) obat doxorubicin, sehingga harapannya waktu peluruhan obat lebih lambat dan stabil.
1. Karakter doxorubicin yang diembankan pada sodalit dan zeolit alam secara kualitatif menghasilkan perubahan warna dari abu menjadi merah dan menggunakan instrumentasi FTIR, sama-sama muncul serapan khas yaitu pada bilangan gelombang 1631,7 cm-1 vibrasi ulur dari C=C dari doxorubicin, dan 985,62 cm-1 vibrasi ulur asimetri O-T-O (T=Si atau Al) dari zeolit.
2. Doxorubicin yang diembankan pada sodalit dalam penelitian ini memiliki potensi yang efektif sebagai antikanker sel payudara T47D dengan nilai IC50 terbaik perbandingan DOX/SOD 5:5 sebesar 2,26 μg/mL.
3. Doxorubicin yang diembankan pada zeolit alam memiliki laju pelepasan lebih baik dalam pH darah dan lambung dibandingkan laju pelepasan doxorubicin yang diembankan pada sodalit.
4. Penggunaan zeolite sebagai pengemban akan memperkuat ketahanan obat di Indonesia, sehingga kita tidak terlalu tergantung obat sintesis dari negara lain. Hal ini sinergi dengan visi misi universitas menjadi universitas bereputasi internasional dan berbudaya sains yang tinggi.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: zeolit alam; doxorobisin pelepasan ion
Depositing User: Elok Kamilah Hayati
Date Deposited: 15 Nov 2022 10:46

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item