Financial geography assessment model dalam mengukur risiko pembiayaan bank syariah di masa pandemi Covid 19 (sertifikat hak cipta)

Umrotul Khasanah and Ahmad Tibrizi Soni Wicaksono (2022) Financial geography assessment model dalam mengukur risiko pembiayaan bank syariah di masa pandemi Covid 19 (sertifikat hak cipta). 000404887.

[img]
Preview
Text
12092.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur faktor Non-Performing Financing (NPF) melalui Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), tingkat pengangguran, jaringan kantor, pembiayaan konsumtif, dan kasus COVID-19. Data penampang di 34 provinsi Indonesia dianalisis menggunakan Geographically Weighted Regression (GWR) melalui global regression confirmation. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan antara GWR dan regresi global. Semua variabel eksogen memiliki variabilitas spasial terhadap variabel endogen. Hal ini mengakibatkan variasi model lokal yang mempengaruhi NPF, antara lain di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Selain itu, penelitian ini berimplikasi pada bankir dalam memitigasi risiko kredit dengan menjaga kecukupan rasio dana dan memperketat verifikasi calon debitur. Bankir juga harus merestrukturisasi pembiayaan, memantau kinerja portofolio, dan membangun infrastruktur digital di setiap kantor wilayah dengan mempertimbangkan dinamika.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: risk assessment; financial intermediaries; islamic bank; regional growth; geographically weighted regression
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150202 Financial Econometrics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Ahmad Tibrizi Soni Wicaksono
Date Deposited: 16 Nov 2022 11:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item