Quality Assurance (QA) becoming Quality Entrepreneur (QE): Mutu, inovasi dan kemandirian lembaga pendidikan lahir dari kepemimpinan yang kuat

Amrullah, Abdul Malik Karim (2022) Quality Assurance (QA) becoming Quality Entrepreneur (QE): Mutu, inovasi dan kemandirian lembaga pendidikan lahir dari kepemimpinan yang kuat. Inara Publisher, Malang. ISBN 978-623-5970-17-2 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
12161.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Zaman selalu berubah, dan perubahan itu juga berlaku bagi aspek-aspek kehidupan di dalamnya, termasuk dunia pendidikan. Hari ini, aktor-aktor berkepentingan yang bertanggung jawab terhadap eksistensi dan kualitas pendidikan dituntut untuk melakukan hal-hal yang tidak dilakukan oleh generasi pendahulu mereka berapa dekade lalu, jika tidak ingin kalah saing dan terhempas dari iklim ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin hari makin canggih.

Kita tahu, dunia ini makin terdigitalisasi dan itu berimbas pada pola, teknik, metode hingga proses pembelajaran. Sebagai contoh, generasi kita disuguhkan media-media pembelajaran yang memungkinkan kita mengakses informasi dan pengetahuan di mana pun dan kapan pun—bahkan tanpa bantuan guru atau tutor—dan itu hanya melalui segenggam perangkat yang bisa kita bawa kemana-mana. Bahkan dalam menghadapi pandemi, di masa mana kita mesti berjarak secara fisik, teknologi digital kembali memudahkan kita untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh lewat perantara berbagai aplikasi video conference.

Segala perkembangan ini tentu saja harus direspons oleh dunia pendidikan kita, dan itu juga mestilah dibarengi kreativitas untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang sejalan dengan laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Ujungnya jelas: semua ini untuk memacu dan meningkatkan mutu pendidikan kita ke taraf yang lebih maju dan canggih dari fase-fase sebelumnya.

Buku di tangan pembaca ini akan membedah tema-tema krusial di atas. Di dalamnya akan diulas seputar pengelolaan mutu: bagaimana model manajemennya, seperti apa prinsip dan strategi pengelolaannya, dengan cara apa merencanakan dan menerapkan mutu itu, dan sebagainya. Selain itu, dibahas pula soal konsep kemandirian, dan ini berkaitan dengan total quality entrepreneur, quality innovation, manajemen risiko, manajemen perubahan, dan manajemen pengetahuan. Tak lupa, buku ini juga akan membedah isu-isu kunci dalam soal kepemimpinan.

Item Type: Book
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 19 Nov 2022 07:18

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item