Implementasi classical conditioning dalam gerakan literasi sekolah (studi minat baca peserta didik) di MIN 1 Kota Palangka Raya

Mazida, Lina Izza, Andari, Dyah Affifah and Wahyuni, Esa Nur (2021) Implementasi classical conditioning dalam gerakan literasi sekolah (studi minat baca peserta didik) di MIN 1 Kota Palangka Raya. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5 (2). pp. 141-150. ISSN 2621895X

[img]
Preview
Text
12180.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian lapangan dilakukan guna mengetahui implementasi teori classical conditioning pada Gerakan Literasi Sekolah di MIN 1 Kota Palangkaraya terhadap minat baca. Penelitian ini memiliki fokus pada pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data dari model Miles dan Huberman. Diperoleh hasil dari penelitian ini yaitu; 1) Tim Literasi Sekolah di MIN 1 Kota Palangka Raya telah menerapkan sebuah teori belajar classical conditioning pada pelaksanaan literasi dengan tujuan memberikan ruang untuk tumbuhnya dorongan keinginan untuk membaca bagi siswa dengan pembiasaan membaca. 2) Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) MIN 1 Kota Palangka Raya, meliputi: membaca 15 menit, sudut baca kelas, literasi perpustakaan, bantuan gratis buku, pojok baca, perkumpulan tim literasi, aksi literasi, mengundang penggiat literasi, penghargaan literasi, pembuatan mading, serta semester menulis 3) Minat membaca peserta didik setelah diterapkannya GLS melalui upaya penerapan teori classical conditioning yang dilakukan tim literasi sekolah dalam mengelola kegiatan literasi, pada akhirnya mampu menumbuhkan minat baca peserta didik, dibuktikan dengan peningkatan kunjungan perpustakaan dan antusias peserta didik pada saat kegiatan literasi. Saran dari peneliti agar program dari kegiatan literasi terus dipertahankan serta ditingkatkan pada tahapan-tahapan selanjutnya supaya budaya membaca pada peserta didik terus meningkat dan melekat pada diri.

Item Type: Journal Article
Keywords: Gerakan Literasi Sekolah; Minat Baca; Classical Conditioning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Islamic Education
Depositing User: DR ESA NUR WAHYUNI
Date Deposited: 20 Nov 2022 23:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item