Potensi farmakologi Hydrilla verticillata: Pembuktian Surat Asy Syu’ara ayat 7-9 dan 80

Fasya, A. Ghanaim (2021) Potensi farmakologi Hydrilla verticillata: Pembuktian Surat Asy Syu’ara ayat 7-9 dan 80. UIN Maliki Press, Malang. ISBN 9786232327177 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
12188.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Al Qur’an merupakan pedoman umat Islam yang berisi Ayat-ayat Qouliyyah yang merupakan wahyu Allah SWT yang kebenarannya bersifat mutlak. Akan tetapi, beberapa ayat dalam al Qur’an bersifat global, sehingga kita harus mencari dan menggali makna yang tersirat di dalamnya melalui kajian-kajian arti dan tafsir-tafsir ayat ayat atau surat dalam al Qur’an. Selain mengaji dan mengkaji Ayat-ayat qouliyyah, kita sebagai makhluk yang dibekali akal dan fikiran (insan yang Ulul Albab) diperintahkan untuk berdzikir dan berfikir akan tanda-tanda KeMaha Esaan dan KeMaha Kuasaan Allah SWT melalui Ayat-ayat Kauniyyah. Segala ciptaan Allah SWT baik itu manusia, hewan, tumbuhan dan seluruh alam semesta ini merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT dan tidak ada yang sia-sia, semua pasti ada manfaatnya. Salah satunya penciptaan beraneka tumbuh-tumbuhan yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti bahan makanan dan juga obat-obatan.

Buku ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan, gambaran serta pembuktian kepada pembaca tentang keilmiahan dan keterangan ilmiah melalui kajian literatur dan hasil-hasil penelitian mengenai potensi farmakologi dari senyawa-senyawa aktif yang ada di dalam salah satu tumbuhan ciptaan Allah SWT, yaitu Hydrilla verticillata. Tidak hanya memaparkan hasil-hasil penelitian yang bersifat empirik, buku ini juga mengintegrasikan hasil-hasil penelitian tersebut dengan ayat-ayat al Qur’an dan as Sunnah.

Item Type: Book
Keywords: Farmakologi; Hydrilla verticillata; Surat Asy Syu'ara
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0305 Organic Chemistry > 030502 Natural Products Chemistry
03 CHEMICAL SCIENCES > 0305 Organic Chemistry
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: A. Ghanaim Fasya
Date Deposited: 20 Nov 2022 23:34

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item