Analisis kebutuhan pengembangan desain program peningkatan kesejahteraan siswa (student wellbeing) berbasis kemitraan keluarga dan sekolah

Dr. Alfiana Yuli Efiyanti, MA, Dr. Esa Nur Wahyuni, M.Pd. dkk (2021) Analisis kebutuhan pengembangan desain program peningkatan kesejahteraan siswa (student wellbeing) berbasis kemitraan keluarga dan sekolah. 000304807.

[img]
Preview
Text
12193.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran online di masa pandemi merupakan momen penting bagi penguatan kolaborasi keluarga dan sekolah untuk mengembangkan pendidikan. Namun kondisi yang tidak menentu dan terbatas menyebabkan kolaborasi orang tua dan sekolah menghadapi berbagai hambatan. Studi ini bertujuan untuk memetakan hambatan kolaborasi keluarga-sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan responden berasala dari orang tua dan guru. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara langsung. Hasil penelitian menunjukkan setidaknya ada 3 bentuk hambatan, yaitu hambatan akademik, sosial dan ekonomi. Ketiga hambatan tersebut disebabkan oleh tiga hal yaitu tingkat kesiapan orang tua dan guru, komunikasi yang terbatas, serta kondisi sosioekonomi yang mengalami kesulitan di masa pandemi.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: kerjasama keluarga-sekolah; student well-being,
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: DR ESA NUR WAHYUNI
Date Deposited: 20 Nov 2022 23:34

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item