Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali

Musyaffa', Mokhamad Ali and Haris, Abd (2022) Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 9 (1). pp. 1-15. ISSN 2303-3487

[img]
Preview
Text
12221.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (357kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia memerlukan wawasan yang sangat luas. karena pendidikan menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia baik dalam pemikiran maupun dalam pengalamannya. Oleh karena itu, pembahasan pendidikan tidak cukup berdasarkan pengalaman saja, melainkan dibutuhkan suatu pemikiran yang luas dan mendalam. Salah satunya adalah Imam Al-Ghazali merupakan seorang pemikir besar, sufi dan praktisi pendidikan di dunia Islam. Dalam kajian ini akan dijelaskan tentang hakikat tujuan pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian literatur dengan mengkaji tentang hakikat tujuan pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa; taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah adalah tujuan pendidikan Islam yang terpenting. Menguasai ilmu bagi Imam Al-Ghazali adalah sebagai media untuk taqarrub kepada Allah dimana tak satupun bisa sampai kepadanya tanpa ilmu.

Item Type: Journal Article
Keywords: Hakikat, Tujuan Pendidikan Islam, Imam Al-Ghazali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Harir Mubarok
Date Deposited: 23 Nov 2022 09:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item