Pengembangan teknologi ambient intelligence dalam tourism serious game

Arif, Yunifa Miftachul, Karami, Ahmad Fahmi, Wardani, Dyah, Rifitasari, Devi, Nugroho, Supeno Mardi Susiki and Hariadi, Mochamad (2022) Pengembangan teknologi ambient intelligence dalam tourism serious game. Cerdas Ulet Kreatif, Jember. ISBN 978-623-8025-10-7 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
12223.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan bimbingan-Nya sehingga akhirnya kami dapat menyelesaikan buku ini. Buku yang berjudul “Pengembangan Teknologi Ambient Intelligence dalam Tourism Serious Game” ini membahas tentang implementasi teknologi ambient intelligence untuk serious game dengan tema khusus tentang pemilihan destinasi wisata yang ada dalam Tourism Destinations Serious Game. Ambient Intelligence (AML) adalah teknologi yang berasal dari berbagai aplikasi komputasi yang bertujuan untuk merespons secara tepat keberadaan dan karakteristik orang di lingkungan virtual atau nyata. Ambient Intelligence menyediakan layanan yang berfungsi secara otomatis yang sangat membantu dalam memfasilitasi pekerjaan manusia. Beberapa fitur teknologi ambient intelligence adalah sensitif, responsif, mudah beradaptasi, transparan, ada di mana-mana, dan cerdas. Menerapkan ambient intelligence dalam game membantu mendukung kemampuan untuk menyesuaikan perilaku lingkungan virtual dengan kebutuhan dan preferensi pemain. Dimana teknologi game tidak hanya menyediakan antarmuka bagi pemain, tetapi juga berupaya mempertahankan keberadaan mereka melalui interaksi dengan fitur yang menarik yang ada di dalam game.
Implementasi teknologi ambient intelligence yang dicontohkan dalam buku ini menggunakan dukungan recommendation engine untuk menghasilkan rekomendasi sebagai acuan respon ambient intelligence. Recommendation engine menghasilkan rekomendasi tentang pemilihan destinasi wisata sesuai dengan preference dan lingkungan player. Pada buku ini juga dijelaskan tentang dukungan teknologi decentralized data sharing berbasis blockchain sebagai bagian yang mengatur sirkulasi data yang diperlukan recommendation engine. Selanjutnya untuk memvisualisasikan respon ambient intelligence, dalam buku ini dicontohkan penggunaan konsep automatic scenario control. Konsep tersebut digunakan untuk memvisualisasikan respon rekomendasi melalui perubahan pilihan scenario yang ditawarkan kepada player.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa selama penyusunan buku ini banyak pihak yang telah memberikan bantuan, sehingga pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan terima kasih semua pihak yang mendukung penulisan buku ini. Akhirnya penulis sadar bahwa karya ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun selalu kami harapkan.

Item Type: Book
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080111 Virtual Reality and Related Simulation
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080199 Artificial Intelligence and Image Processing not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Yunifa Miftachul Arif
Date Deposited: 23 Nov 2022 09:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item