Eksplorasi nilai-nilai sosial budaya pada remaja millenial

Fauziyah, Nailul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5074-8514 (2022) Eksplorasi nilai-nilai sosial budaya pada remaja millenial. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 6 (2). pp. 218-232. ISSN 2580-7005

[img]
Preview
Text
12251.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (751kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki norma dasar yang digali dari nilai-nilai luhur bangsanya sendiri. Akan tetapi nilai-nilai luhur kehidupan Bangsa Indonesia di zaman moderen seperti sekarang ini, sudah mulai pudar akibat pengaruh budaya asing dan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengeksplorasi dan menemukan konsep nilai-nilai sosial budaya pada remaja millennial di Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan pendekatan kuantitatif survei diskriptif dan kualitatif grounded theory. Penelitian ini berupa survei kepada remaja millennial di Kabupaten Malang dan penggalian data mendalam pada responden tertentu. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya perubahan dan pergeseran pemahaman nilai-nilai sosial budaya pada remaja millennial seperti konsep nilai toleransi,gotong royong dan sopan santun. salah satu faktor penyebab pergeseran pemahaman nilai-nilai sosial budaya tersebut adalah teknologi gadget. Generasi millennial saat ini melihat nilai-nilai sosial budaya yang ada di dalam masyarakat seperti (toleransi, Gotong royong dan Sopan santun) hanya sekedar sebagai pemahaman secara teoritis yang harus mereka fahami dan terapkan tanpa memahami substansi makna dari nilai-nilai tersebut

Item Type: Journal Article
Keywords: nilai-nilai sosial budaya; remaja millennial
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: M.A. Nailul Fauziyah
Date Deposited: 29 Nov 2022 11:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item