Efektifitas peraturan Dirjen Bimas Islam nomor 189 tahun 2021 tentang pelaksanaan bimbingan perkawinan calon pengantin perspektif teori sistem hukum Lawrence M. Friedman (studi di Kantor Urusan Agama Blimbing Kota Malang)

Fata, Choiru, Mahmudi, Zaenul, Toriquddin, Moh and Rouf, Abd. (2022) Efektifitas peraturan Dirjen Bimas Islam nomor 189 tahun 2021 tentang pelaksanaan bimbingan perkawinan calon pengantin perspektif teori sistem hukum Lawrence M. Friedman (studi di Kantor Urusan Agama Blimbing Kota Malang). KABILAH (Journal of Social Community), 7 (1). pp. 35-48. ISSN 25033603

[img]
Preview
Text
12262.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (520kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan bimbingan perkawinan sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan (lifeskills) tentang membangun kesadaran bersama, memperkokoh komitmen, mengatasi berbagai konflik keluarga, menghadapi berbagai tantangan yang semakin berat dan mewujudkan keluarga sehat dan berkualitas serta sebagai upaya pemerintah dalam menekan tingginya angka perceraian, kekerasan dalam rumah tangga dan problem keluarga lainnya. Kantor Urusan Agama memberikan pelayanan dalam bentuk bimbingan perkawinan. Sehingga terbitlah Peraturan Dirjen Bimas Islam Nomor 189 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini tentang pelaksanaan bimbingan perkawinan belum maksimal dilaksanakan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan ekternal. Yang dianalis menggunakan Teori Sistem Hukum Lawrence M. Friedman yang meneliti pada seluruh bagian sub sistem hukum pelaksana bimbingan perkawinan. Sub sistem hukum yang ada pada teori Lawrence M. Friedman yaitu pertama; Struktur Hukum yaitu yang mengkaji pada penyelenggara dan pelaksanaan bimbingan perkawinan. Kedua; Subtansi Hukum yaitu melihat pada peraturan sebagai dasar pelaksanaan bimbingan perkawinan. Ketiga; Budaya Hukum yaitu yang melihat mulai dari struktur hukum dan respon peserta calon pengantin terhadap pelaksanaan bimbingan perkawinan.

Item Type: Journal Article
Keywords: pelaksanaan bimbingan perkawinan; teori sistem hukum
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Depositing User: Zaenul MA
Date Deposited: 01 Dec 2022 10:52

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item