Hukum Islam dan etika pelestarian ekologi: upaya mengurai persoalan lingkungan di Indonesia

Rohmah, Siti, Herawati, Erna and Kholish, Moh. Anas (2021) Hukum Islam dan etika pelestarian ekologi: upaya mengurai persoalan lingkungan di Indonesia. UB Press, Malang. ISBN 9786232961937 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
12284.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Alhamdulillahirabbil 'aalamiin, segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kitab suci Al-Qur’an kepada hamba-Nya Muhammad ibni Abdillah dan tidak ada sedikit pun kesesatan dan keraguan di dalamnya. Serta tidak pula ada makna yang saling berlawanan dan menyimpang dari kebenaran. Alhamdulillah ala maulidi Muhammad ibni Abdillah wa ala nubuwwati Muhammad ibni Abdillah wa ala risalati Muhammad ibni Abdillah wa ala nuuri Ahmad wa Muhammad sallallahu alaihi wa sallam. Alhamdulillah ala nikmatil iman wal islam wal ihsan. Alhamdulillah al kulli haalin wa nikmat, sehingga penulisan karya sederhana ini dapat terselesaikan dengan baik. Rabbana ma kholaqta haza batila subhanaka fakina azabannar.
Selawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. yang telah menjadi teladan dalam pelestarian ekologi dengan misi profetiknya yang rahmatan lil alamin. Selawat dan salam juga teruntuk keluarga dan para sahabatnya yang telah berjuang menemani Rasulullah dalam menjalankan misi kenabian yang penuh dengan kasih dan sayang. Semoga Allah senantiasa menempatkan Nabi Muhammad SAW. beserta keluarga dan sahabatnya di tempat terpuji sebagaimana yang Engkau janjikan. Serta ridai kami semua untuk meneladani sunah-sunahnya. Asyhadu Allah ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammad ibni abdillah wa asyhadu anna Muhammad nabiyallah, wa ashadu anna muhammada Rasulullah, wa asyhadu anna Muhammad nurallah. Allohummma shalli wa sallim ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad. Amin ya rabbal Alamin.
Dalam ajaran Islam, alam bukan hanya benda yang tidak berarti apa-apa selain dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Alam dalam pandangan Islam adalah tanda “keberadaan” Allah. Alam memberikan jalan bagi manusia untuk mengetahui keberadaan-Nya. Dalam kitab suci Al-Qur’an banyak sekali ditemukan ayat-ayat yang ketika berbicara tentang alam x dilanjutkan dengan anjuran untuk berpikir, memahami, mengingat, bersyukur, dan bertafakur. Semua ini akan mengantarkan manusia kepada sesuatu zat Yang Maha Mengatur.Islam tidak melarang memanfaatkan alam untuk kepentingan kehidupan manusia, namun semua ada aturan mainnya. Memanfaatkan alam harus dengan cara yang arif dan manusia bertanggung jawab dalam melindungi alam dan lingkungannya serta larangan merusaknya.Masalah lingkungan adalah berbicara tentang kelangsungan hidup (manusia dan alam). Melestarikan lingkungan sama halnya dengan menjamin kelangsungan hidup manusia dan segala yang ada di alam dan sekitarnya. Sebaliknya, merusak lingkungan, apapun bentuknya, merupakan ancaman serius bagi kelangsungan hidup alam dan segala isinya, tak terkecuali manusia.

Item Type: Book
Keywords: hukum Islam; etika pelestarian ekologi; persoalan lingkungan
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics
Depositing User: Unnamed user with email Ernaherawati@uin-malang.ac.id
Date Deposited: 01 Dec 2022 15:54

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item