Keefektifan pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) untuk meningkatkan disiplin

Febriani, Roiyan One ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6557-1988 (2022) Keefektifan pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) untuk meningkatkan disiplin. Jurnal Konseling Gusjigang, 8 (2). pp. 19-27. ISSN 2503281X

[img]
Preview
Text
12369.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (451kB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan bentuk taat dan patuh seorang individu terhadap nilai dan norma di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan pendekatan CBM untuk meningkatkan disiplin diri mahasiswa. Rancangan penelitian adalah pretest posttest control group design. Dua belas mahasiswa dipilih sebagai subjek penelitian melalui teknik purposif sampling. Analisis data untuk membuktikan keefektifan pendekatan CBM menggunakan analisis statistik uji Two Independent Test-Mann-Whitney U. Berdasarkan uji analisis statistik membuktikan bahwa Ha diterima yang berarti pendekatan cognitive behavior modificationlebih efektif untuk meningkatkan disiplin mahasiswa dibandingkan dengan pendekatan realita.

Item Type: Journal Article
Keywords: cognitive behavior modification; disiplin; mahasiswa
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Roiyan One Febriani
Date Deposited: 13 Dec 2022 14:37

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item