Pelatihan pembuatan pupuk bokasi untuk mendukung pertanian organik di SMKN 1 Wonosari Malang

Kusmiyati, Nur, Utami, Ulfah, Fitriasari, Prilya Dewi ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5698-3021, Hasyim, Muhammad Asmuni, Fitriyah, Fitriyah and Rahmah, Azizatur ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6317-2091 (2022) Pelatihan pembuatan pupuk bokasi untuk mendukung pertanian organik di SMKN 1 Wonosari Malang. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 3 (2). pp. 429-435. ISSN 27229394

[img]
Preview
Text
12420.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (241kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang pelatihan pembuatan pupuk bokasidilakukan di SMKN 1 Wonosari Malang untuk dilaksanakan untuk mendukung pertanian organik. Adapun tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang pembuatan pupuk bokasi dalam mendukung upaya pertanian organik. Kegiatan pengabdian tersebut dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode yang terdiri dari sosialisasi; demonstrasi dan praktek; bimbingan yang diikuti dengan pendampingan; serta analisis evaluasi program pengabdian. Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari siswa dan siswi kelas XII SMKN 1 Wonosari Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil analisis data kuesioner dapat diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai pupuk bokasi dalam upaya mendukung pertanian organik meningkat, setelah mengikuti kegiatan pelatihan; peserta mampu membuat pupuk bokasi; terjadi perubahan pola pengetahuan terkait pupuk bokasi sehingga peserta dapat merencanakan memproduksi pupuk bokasi. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa program pelatihan pembuatan pupuk bokasi dalam upaya mendukung pertanian organik berjalan efektif serta mampu mengubah pengetahuan dan kemampuan siswa-siswi SMKN 1 Wonosari Kabupaten Malang.

Item Type: Journal Article
Keywords: pupuk bokasi; pertanian organik; SMKN 1 Wonosari
Subjects: 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0799 Other Agricultural and Veterinary Sciences > 079902 Fertilisers and Agrochemicals (incl. Application)
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Prilya Dewi Fitriasari
Date Deposited: 02 Jan 2023 12:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item