Pengaruh kualitas pelayanan,penanganan komplain, dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah (studi pada koperasi Syariah Murni Amanah Sejahtera Malang)

Nurcahyo, Agil and Solekah, Nihayatu Aslamatis ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6722-8283 (2022) Pengaruh kualitas pelayanan,penanganan komplain, dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah (studi pada koperasi Syariah Murni Amanah Sejahtera Malang). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7 (4). pp. 1421-1433. ISSN 25805800

[img]
Preview
Text
12524.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, penanganan komplain, dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah pada koperasi murni amanah sejahtera malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah atau anggota Koperasi syariah Murni Amanah sejahtera yaitu berjumlah 594 nasabah. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Teknik Non Probability Sampling. Tipe penarikan sampel yang digunakan sampling tersedia atau disebut accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 nasabah dihitung dengan rumus slovin. Teknik analisi data yang digunakan adalah Regresi linier berganda. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa variabel kualitas kualitas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. variabel penanganan komplain (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasanan nasabah. variabel kualitas produk (X3) berperngaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, penanganan komplain dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan adalah variabel kualitas produk.

Item Type: Journal Article
Keywords: kualitas pelayanan; penanganan komplain; kualitas produk; kepuasan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Nihayatu Aslamatis Solekah
Date Deposited: 17 Jan 2023 09:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item