Dampak pembelajaran ekonomi Islam dalam membentuk perilaku moralitas ekonomi mahasiswa (sertifikat hak cipta)

Yhadi Firdiansyah (2022) Dampak pembelajaran ekonomi Islam dalam membentuk perilaku moralitas ekonomi mahasiswa (sertifikat hak cipta). 000409059.

[img] Text
12529.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem perekonomian suatu Negara berkaitan erat dengan falsafah dan idiologi negaranya. Negara Indonesia beridiologikan Pancasila, hendaknya perekonomian dijalankan berdasasarkan Pancasialis yang lebih sering disebut dengan sistem ekonomi Pancasila (Mayasari, 2021). Sistem ekonomi Indonesia yakni sistem Ekonomi Pancasila dijiwai oleh-oleh nilai-nilai Islam yakni keadilan dan kesejahteraan. Dan hal ini tentunya selaras dengan surat Al Maidah Ayat 8 :
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُونُواْ قَوَّٰمِينَ لِلَّهِ شُهَدَآءَ بِٱلۡقِسۡطِۖ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَ‍َٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰٓ أَلَّا تَعۡدِلُواْۚ ٱعۡدِلُواْ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ ٨
“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
Namun pada taraf implementasi tidak dapat dipungkiri bahwa sistem ekonomi Indonesia lebih dekat dengan sistem ekonomi liberal/kapitalis. Sementara Sistem Ekonomi Pancasila menekankan bahwa dalam berperilaku ekonomi secara rasional harus mengedepankan moralitas (Sutiany). Permasalah tersebut tentunya menjadi tugas bagi pendidikan, dimana kondisi ini menjadi persoalan penting dalam penyelenggaraan pendidikan ekonomi terutama penyelanggaraan pembelajaran ekonomi Islam. Karena dengan pembelajaran ekonomi yang bernilai Islam tentunya akan membentuk perilaku peserta didik yang berperilaku ekonomi secara moral dan ini sesuai dengan sistem ekonomi yang menekankan moralitas ekonomi dalam berperilaku.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 4 prodi pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dikarenakan pada semester tersebut mahasiswa sudah mendapatkan pembelajaran ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari mahasiswa melalui teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan melakukan Reduksi, Penyajian data dan menarik Menarik kesimpulan. Dan untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan triangulasi
Penelitian ini menghasilkan yaitu proses pembelajaran ekonomi Islam yang berlangsung pada mahasiswa semester 4 prodi pendidikan IPS sudah berjalan cukup baik, hal tersebut dikarena berbagai komponen-komponen penunjang dalam proses pembelajaran dapat dilaksanakan dan dipenuhi, selain itu pembelajaran ekonomi islam mampu memberikan dampak terhadap perilaku ekonomi mahasiswa. Perilaku ekonomi mahasiswa tercermin dari moralitas perilaku ekonomi nya, yakni mampu berbuat atau berperilaku ekonomi sesuai dengan nilai-nilai moral. Nilai-nilai moral yang terdapat pada perilaku ekonomi mahasiswa yaitu dengan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengimplementasikan dalam bentuk aktivitas jual beli secara halal serta menghindari aktivitas ekonomi yang memiliki hukum haram.
Dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan atau saran yang diajukan kepada fakutas secara umum untuk menjadikan mata kuliah ekonomi Islam menjadi mata kuliah wajib pada setiap prodi, terlebih dengan adanya pembelajaran ekonomi Islam mampu manambah pengetahuan mahasiswa tentang ekonomi Islam serta mampu membentuk perilaku ekonomi mahasiswa yang bermoral. Bagi Universitas Negeri Malang dengan adanya penelitian ini bisa digunakan oleh Universitas sebagai bahan masukan untuk mengintegrasikan mata kuliah ekonomi. Sehingga hal ini akan membuat Universitas lebih fungsional sebagai lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan kader dan pakar ekonomi serta mampu mencetak intelektual yang berulama. Bagi Pemerintah dinas pendidikan temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk pengambilan keputusan untuk memperbaiki kurikulum ekonomi di Indonesia, sedangkan bagi peneliti selanjutnya bahwa penelitian ini bisa dijadikan acuan dalam mengambangkan penelitian selanjutnya dengan temuan-temuan pada indikator moralitas ekonomi mahasiswa yang lainnya.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: pembelajaran; ekonomi Islam; moralitas ekonomi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Yhadi Firdiansyah
Date Deposited: 24 Nov 2023 10:57

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item