Klasifikasi ilmu menurut al-Ghazali

Soleh, Achmad Khudori ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5145-6046 (2015) Klasifikasi ilmu menurut al-Ghazali. Research Report. Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
12543.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Ghazali mengklasifikasi ilmu dari dua aspek: sumber dan hukum mencarinya. Dari aspek sumber, al-Ghazali membagi ilmu dalam dua bagian, yaitu ilmu yang bersumber dari wahyu yang disebut al-ulum al-syar`iyah (ilmu religious) dan ilmu yang bersumber dari penalaran yang disebut al-ulum al-aqliyah (ilmu rasional). Dari aspek hukum mempelajarinya, al-Ghazali membagi menjadi 5 bagian. Yaitu, ilmu fardlu ain, ilmu fardlu kifayah, ilmu fadlilah, mubah, dan madzmumah. (1) Ilmu fardlu ain adalah ilmu-ilmu yang harus dikuasai oleh setiap muslim untuk kepentingan hidupnya, di dunia dan akherat. (2) Ilmu fardlu kifayah adalah ilmu-ilmu yang harus dikuasai untuk kepentingan masyarakat, seperti ilmu medis dan ilmu desain. (3) Ilmu fadlilah adalah ilmu-ilmu yang perlu dikuasai dengan studi lanjut, tingkat Master atau Doktor. (4) Ilmu mubah adalah ilmu-ilmu tambahan di luar disiplin yang bersangkutan. (5) Ilmu madzmumah adalah ilmu-imu yang membahayakan, untuk diri maupun pihak lain. al-Ghazali menyebut ilmu yang terakhir adalah ilmu sihir.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: al-Ghazali; sumber ilmu; hukum mempelajari ilmu; ilmu religious; ilmu rasional; fardli ain; fardlu kifayah; fadlilah; mubah dan madzmumah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr Achmad Khudori Soleh
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:34

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item