Gaya bahasa Imam Syafi’i dalam puisi “Da’il ayyama taf’alu maa tasyau” (studi stilistika)

Hasyim, Muhammad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2573-097X and Fuzti, Nadya Brilian (2022) Gaya bahasa Imam Syafi’i dalam puisi “Da’il ayyama taf’alu maa tasyau” (studi stilistika). Research Report. Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2022. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
12609.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisa stilistika retorika puisi Imam Syafii berjudul Da’il Ayyama Taf’alu Ma Tasyau dari berbagai aspek dengan menggunakan teori stilistika yang dikemukakan oleh Dr. Syihabuddin Qalyubi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dan merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu dengan menganalisa puisi Da’il Ayyama Taf’alu Ma Tasyau pada aspek-aspek dalam stilistika. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Da’il Ayyama Taf’alu Ma Tasyau dengan ditambah data pendukung berupa artikel, buku-buku dan serta hasil penelitian jurnal yang relevan. Teknik pengumpulan data berupa baca dan catat. Hal ini sesuai dengan definisi dari penelitian studi pustaka, yaitu suatu kegiatan penelitian yang menggunakan sumber berupa koleksi perpustakaaan untuk mendapatkan data penelitiannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam puisi Imam Syafii berjudul Da’il Ayyama Taf’alu Ma Tasyau ditemukan beberapa aspek stilistika Qalyubi, yaitu; fonologi, sintaksis (anastrof/ al-Taqdim wa al-Ta’khir dan oksimoron/ al-Thibaq wa al-Muqabalah), morfologi (Al-udul bi al-shigah an al-ashl al-siyaqi), dan kajian imagery yang merupakan ranah kajian paling dominan digunakan penyair dalam puisi ini, ditemukan gaya Bahasa metafora/ isti’aroh, personifikasi/ isti’arah kinayah, dan epitet/ kinayah.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: gaya bahasa; stilistika; Imam Syafi'i
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040907 'Ilmu al-Uslub (Arabic Stylistics)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: S. Hum, MA Muhammad Hasyim Hasyim
Date Deposited: 27 Jan 2023 15:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item