Muka positif dan muka negatif: analisis novel “Tahajjud Cinta Rania” perspektif Ervin Goffman

Muassomah, Muassomah ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0177-8896, Fariza, Chilmi Laily Sitta and Billah, Baedt Giri Mukhoddam (2022) Muka positif dan muka negatif: analisis novel “Tahajjud Cinta Rania” perspektif Ervin Goffman. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 24 (01). pp. 1-20. ISSN 2620-3928 / 1411-2051

[img]
Preview
Text
12619.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekskipsikan dan menjabarkan bentuk dan fungsi tuturan muka positif dan muka negatif dalam novel Tahajud Cinta Rania berdasarkan perspektif ErvingGoffman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan sumber data novel berbahasa Indonesia yang bertema romansa dan berbalut religi dengan judul Tahajud Cinta Raniakarya ustadzah Mia Chuz dan ustadz Nasrullah. Data dikumpulkan dengan metode baca dan catat. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa bentuk tuturan muka positif eliputi perhatian, solidaritas, kesekoncoan, memberikan pertanyaan, meminta persetujuan, memberikan tawaran, meminta alasan, gurauan, optimis, dan memberikan hadiah. Sementara bentuk tuturan muka negatif yang tercermin pada kemarahan, meminta maaf, memberikan menghormati, dan menggunakan ketentuan yang bersifat umum. Fungsi muka positif di-tunjukkan dengan rasa peduli, saling mengajak pada kebaikan, saling menguatkan, ingin mendapatkan jawaban, mendapatkan hasil terbaik, memberikan pilihan, mendapatkan penjelasan, saking bergurau dan menghibur, yakin, dan memberikan hal special. Se-dangkan fungsi muka negatif tertuang ingin mendapatkan keadilan, mendapatkan pen-erimaan, saling menghormati, dan memperindah keadaan. Penelitian ini menyarankan kajian novel yang sama dalam perspektif yang berbeda, hingga memperkaya hazanah kajian sastra Indonesia.

Item Type: Journal Article
Keywords: Goffman; kesantunan bahasa; muka negatif; muka positif
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200405 Language in Culture and Society (Sociolinguistics) > 20040501 Language Varieties (incl. Code Mixing, Code Switching)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Muassomah Muassomah
Date Deposited: 27 Jan 2023 15:46

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item