إضاءة نقدية أسلوبية للانزياح اللغوي: إعلانات الانتخابات الإندونيسية نموذجا

Munjiah, Ma'rifatul and Al Anshory, Abdul Muntaqim (2018) إضاءة نقدية أسلوبية للانزياح اللغوي: إعلانات الانتخابات الإندونيسية نموذجا. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
12629.pdf

Download (1MB)

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian tentang kemunculan fenomena al-Inziyah al-Lughawiy dalam bahasa Iklan Layanan Masyarakat pada pemilu 2018 di Indonesia. Penelitian ini memiliki batasan terhadap al-Inziyah al-Istidlaliy, dan bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk al-Inziyah Al-Dalaliy yang terdapat dalam bahasa Iklan Layanan Masyarakat tentang Pemilu.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis stilistika dan teknik hermeneutika. Data utama dalam penelitian ini adalah penggalan kalimat yang terdapat dalam Iklan Layanan Masyarakat tentang Pemilu. Dari analisis Iklan Layanan Masyarakat tersebut disimpulkan bahwa al-Inziyah al-Dalaliy dalam iklan tersebut memiliki beberapa bentuk: 1) penggunaan makna konotatif. Hal ini terlihat pada pemilihan kata yang mengalami penyimpangan semantik. 2) Penggunaan kata asing. Ini membuat bahasa iklan menjadi aneh, sehingga masyarakat membutuhkan waktu untuk memahaminya. Penyimpangan yang janggal dan aneh ini menjadikan bahasa Iklan menjadi tidak familiar di kalangan Masyarakat.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Al-Inziyah Al-Lughawi; Al-Inziyah Al-Dalaliy; iklan pemilu; defamiliar
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200408 Linguistic Structures (incl. Grammar, Phonology, Lexicon, Semantics) > 20040804 Semantics
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Ma'rifatul Munjiah
Date Deposited: 30 Jan 2023 12:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item