Typologi bentuk plural tak beraturan dalam al-Qur’an

Munjiah, Ma'rifatul and Nuriyah SR, Sinta (2022) Typologi bentuk plural tak beraturan dalam al-Qur’an. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
12631.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bentuk plural tak beraturan dalam bahasa Arab sangat beragam, salah satu diantaranya adalah sighah muntaha al-jumuk yang memiliki bentuk paling banyak dibanding bentuk plural lainnya. Dalam al-Qur’an terdapat 245 sighah muntaha al-jumuk dengan ragam bentuknya. Maka menghapal bukanlah solusi terbaik untuk mempelajarinya, tetapi mengenali pola dan karakteristik dari sekian banyak bentuk akan menjadi solusi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, berusaha menemukan jumlah, pola dan karakteristik sighah muntaha al-jumuk yang ada dalam al-Qur’an. Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode deduksi dan induksi, dan diperoleh hasil bahwa sighah muntaha al-jumuk DALAM AL-Qur’an memiliki 12 pola, dan karakteristiknya dapat dikenali dari bentuk tunggalnya, yaitu terdiri dari kata dengan jumlah huruf paling sedikit empat dan huruf ke dua tidak berharakat. Sedang ketika berbentuk plural huruf ke tiga adalah alif taksir, dan setelahnya ada dua atau tiga huruf. Bisa dirumuskan dalam bentuk A-A/I , U-A/I, U-A/A dan A-A/A.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: jamak taksir; sighah Muntaha al-jumuk; al-Qur’an
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Ma'rifatul Munjiah
Date Deposited: 30 Jan 2023 12:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item