Konflik sosial dalam film "2014: Siapa di Atas President” yang disutradarai oleh Rahabi Mandra dan Hanung Bramantyo berdasarkan perspektif Max Weber

Hasyim, Muhammad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2573-097X and Habibah, Siti Ummi (2021) Konflik sosial dalam film "2014: Siapa di Atas President” yang disutradarai oleh Rahabi Mandra dan Hanung Bramantyo berdasarkan perspektif Max Weber. In: Konflik Sosial: Teori dan Praktik. Edulitera, Malang, pp. 267-290. ISBN 978-623-5693-24-8 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
12667.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan bentuk konflik sosial yang terjadi dalam film "2014: Siapa di atas Presiden?," penyebab yang melatarbelakangi konfljk sosial, dan dampak dari adanya konflik sosial terhadap kehidupan sosial tokoh dj dalam film. Penelitian ini termasuk dalam penelltiån kualitatif, Peneliti memeperoleh data dari dua sumber data yaitu primer yang berupa film "2014: Siapa di atas Presiden?," dan sekunder berupa buku dan lurnal mengenal konflik sosia). Penelitj mengumpulkan data melalul teknik tonton dan catat. Adapun dalam memerlksa kevalldan data, penellti menggunalcan teknik meningkatkan ketekunan, triangulasii serta diskusi, Pada tahap analisa data, pencliti melewati tiga teknik, yaitu mereduksi data, mcnyajikan data, dan menarik kesimpulan, Dari hasil penelitian, ditcmukan dua bentuk konflik sosial, yaitu tuduhan terhadap Bagas Notolegowo, pembunuhan terhadap mata-mata dan pehgacara, Penyebab dari kedua konflik terscbut adalah keinginan lawan untuk menang dalam pemilihan presiden dan pernyataan dari mata•mata serta penemuan barang bukti. Dampak dari adanya konflik-konflik ini adalah penetapan sebagai tersangka dan hubungan antara klien dan keluarga pengacara menjadi renggang.

Item Type: Book Section
Keywords: film; kepentingan politik; konflik; Max Weber
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200405 Language in Culture and Society (Sociolinguistics)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: S. Hum, MA Muhammad Hasyim Hasyim
Date Deposited: 01 Feb 2023 10:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item