Pengaruh kurs, suku bunga, inflasi dan harga emas dunia terhadap return saham

Rosdiyana, Rosdiyana and Setyaningsih, Nina Dwi (2022) Pengaruh kurs, suku bunga, inflasi dan harga emas dunia terhadap return saham. Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi), 7 (2). pp. 85-94. ISSN ISSN (p) 2548-9380 ISSN (o) 2549-2322

[img] Text
12715.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (262kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak tanggal 9 Maret 2020, hal tersebut tidak hanya berdampak terhadap sektor kesehatan, namun juga berdampak terhadap sektor perekonomian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah kurs, suku bunga, inflasi dan harga emas dunia berpengaruh terhadap return saham di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu software IBM SPSS statistics 25. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama pandemi covid-19. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 18 sampel perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kurs bulanan, suku bunga bulanan, inflasi bulanan, harga emas bulanan, serta return saham bulanan.

Hasil penelitian ini menyimpulakan secara parsial, kurs berpengaruh signifikan kearah negatif terhadap return saham, suku bunga berpengaruh signifikan kearah negatif terhadap retun saham, inflasi berpengaruh signifikan kearah positif terhadap return saham, sedangkan harga emas tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Secara simultan, kurs, tingkat suku bunga, inflasi, dan harga emas dunia secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap return saham kearah positif.

Item Type: Journal Article
Keywords: nilai tukar rupiah (kurs); suku bunga; inflasi; harga emas dunia; return saham
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Nina Dwi
Date Deposited: 10 Feb 2023 10:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item