Abdul Wahab Rosyidi and Risna Rianti Sari (2022) Dinamika pemikiran pembelajaran bahasa arab (peta kajian disertasi Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab) Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta). 000438197.
|
Text
12734.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kajian ilmiah tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, teknik, bahan ajar, media, evaluasi, lingkungan bahasa, dan kebijakan lainnya dalam pembelajaran bahasa Arab telah dilakukan oleh para mahasiswa program Doktoral pendidikan bahasa Arab dalam bentuk karya ilmiah disertasi. Hasil kajian tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sebagai informasi utamanya para pemerhati pembelajaran, pengambil kebijakan, dan guru pengajar bahasa Arab. Sesungguhnya penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Arab yang diklasifikasikan dengan benar sesuai dengan kebutuhan pembelajar akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pendidikan bahasa Arab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi hasil karya disertasi mahasiswa program studi doktor pendidikan bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, mendeskripsikan metode penelitian yang digunakan dalam penulisan disertasi dan temuan akhir disertasi. Dengan metode penelitian deskriptif analisis dengan data utama disertasi tahun 2012 – 2022, dan menggunakan teknik analisa model Mills and Huberman.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah; Fokus kajian disesrtasi mahasiswa program studi doktor pendidikan bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kajiannya menyebar pada; Ulumul Lughoh dan Maharotul Lughoh, akan tetapi masih mengelembung fokus kajiannya pada pengembangan bahan atau materi ajar, Disertasi diselesaikan dengan menggunakan model penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yang banyak digunakan adalah R&D dengan model pengembangan milik Borg and Gall yang diadaptasikan. Formulasi akhir dari temuan kajian disertasi dapat dilihat pada; karakteristik bahan atau materi ajar yang dimunculkan pada masing-masing pendekatan, teori, dan frame yang digunakan yang didapat dari hasil analisa kebutuhan pada lingkup penelitian. Sedangkan tingkat kelayakan produk materi ajar masuk pada lavel layak, dan juga efektif meningkatkan masing-masing keterampilan bahasa dan ilmunya dari uji coba yang dilakukan. Tidak ada satupun validasi pakar yang menunjukkan hasil yang rendah, dan uji keefektifan yang gagal
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | dinamika pemikiran; pembelajaran bahasa Arab; disertasi |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200308 Iberian Languages |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | Abdul Wahab Rosyidi |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:03 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |