Etnografi masyarakat Tengger Desa Ngadas dan masyarakat Gunung Kawi Desa Wonosari (analisis komparatif dalam perspektif evolusionisme)

Rahmaniah, Aniek (2022) Etnografi masyarakat Tengger Desa Ngadas dan masyarakat Gunung Kawi Desa Wonosari (analisis komparatif dalam perspektif evolusionisme). Madza Media, Malang. ISBN 9786233779203 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
12863.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Buku ini, pada bab pertama menjelaskan tentang istilah etnografi dan fase-fase perkembangannya, kesatuan sosial dalam studi etnografi, kebudayaan universal sebagai kerangka etnografi, metode penelitian etnografi, serta tujuan dan manfaat penulisan etnografi. Pada bab dua, menjelaskan tentang unsur kebudayaan universal pada Masyarakat Tengger di Desa Ngadas, dan pada bab tiga menjelaskan tentang unsur kebudayaan universal pada Masyarakat Gunung Kawi di Desa Wonosari. Pada bab empat, penulis melakukan analisis terhadap kedua kebudayaan tersebut dalam perspektif evolusionisme. Perspektif evolusionisme dipilih untuk mengetahui perubahan kebudayaan pada kedua masyarakat tersebut. Perspektif ini biasa dipakai untuk menjelaskan evolusi kebudayaan dalam kurun waktu tertentu (diakronik) dan evolusi kebudayaan yang memberikan perbedaan secara jelas (sinkronik), walaupun kedua entitas budaya tersebut mempunyai banyak kesamaan. Analisis komparatif diakronik dan sinkronik selanjutnya dijelaskan pada bab lima, dan ditemukan perbedaan secara jelas pada sistem pengetahuan yang bersifat fungsional dan mempengaruhi sistem kebudayaan universal.

Item Type: Book
Keywords: etnografi; analisis komparatif; evolusionisme
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Aniek Rahmaniah
Date Deposited: 13 Mar 2023 13:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item