Implementasi Manajemen dan Sustainabilitas Budaya Mutu Islam Perspektif Manajemen Syari’ah dalam Pengembangan Perguruan Tinggi Islam

Khasanah, Umrotul (2012) Implementasi Manajemen dan Sustainabilitas Budaya Mutu Islam Perspektif Manajemen Syari’ah dalam Pengembangan Perguruan Tinggi Islam. Presented at Manajemen dan Budaya Mutu Islam, 26-28 April 2012, Malang, Indonesia.

[img]
Preview
Text
12913.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Islam sangat konsern terhadap standar mutu, karena mutu menjadi ukuran bagi pencapaian dan penggapaian rahmat dan rizki Allah. Kiblat mutu Islam tidak bersifat ideologis: Barat vs Timur, sosialis vs kapitalis dan sebagainya. Ukuran mutu Islam disebut al-birru – kebajikan. Islam juga sangat menganjurkan agar dalam mencapai kebajikan harus mempergunakan prinsip-prinsip manajemen yang disebut itqan, yaitu mengerjakan segala sesuatu secara tepat, terarah, jelas dan tuntas. Manajemen dalam perspektif Islam tidak bersifat sekuler -- hanya berdimensi untuk kepentingan profan bersifat duniawi saja --, namun juga harus bersifat sakral -- proyek yang menyerukan kebaikan dan mencegah dari kemungkaran--, yang bermanfaat untuk kemanusiaan amal soleh. Mengimplementasikan manajemen syari’ah dalam pengembangan Perguruan Tinggi Islam diyakini akan mencapai prestasi yang gemilang. Selanjutnya akan menciptakan dan melestarikan budaya mutu yang berkelanjutan dalam membangun peradaban Islam.

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: standar mutu, al-birru,itqan, budaya.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 20 Mar 2023 10:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item