Katalogue: kumpulan esai sastra dan buku

Surur, Misbahus (2019) Katalogue: kumpulan esai sastra dan buku. Pelangi Sastra Malang, Malang. ISBN 978-602-54106-9-7 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
12916.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Buku ini berisi kumpulan esai sastra yang pernah terbit di media massa cetak maupun online. Buku ini adalah dokumentasi tulisan Misbahus Surur ihwal sastra, dunia literasi, dan perbukuan. Sebagian besar tulisan membicarakan sastra: ulasan cerpen, novel maupun puisi.
Ada suatu masa ketika penulis buku ini begitu bersemangat menulis untuk diterbitkan di koran. Tulisan-tulisan di buku ini adalah jejak, saat penulis begitu amat bergairah membaca dari satu buku sastra ke buku sastra lainnya, sesuai minat saat itu, sekaligus tilas belajar menulis dari satu topik ke topik lain, berdasarkan referensi buku-buku yang telah ia baca. Dan menghasilkan sejumlah tulisan esai pendek tentang sastra di buku ini.
Sebagian tema menuliskan sesuatu yang sedang ingin penulis tulis, atau kadang menuliskan topik-topik sastra tertentu, yang, dengan penuh gairah, tengah tertarik olehnya. Lantas semacam membuat pemetaan kecil dalam sebuah esai. Meski rata-rata esai dan juga resensi di buku ini adalah proses dari keingintahuan yang sepintas-sepintas.
Sebagian besar tulisan pernah terbit di koran dan laman online. Yang terpenting dari terbitnya buku ini—bagi diri penulis—adalah ikhtiar mendokumentasikan: spirit untuk terus membaca (menikmati pikiran orang lain) dan spirit untuk belajar menulis lagi (memeras pikiran sendiri) di masa-masa mendatang. Betapapun, ikhtiar mengulas karya sastra juga bisa menjadi “seni kejahatan” tersendiri. Sebab, jamaknya pembaca-pengulas karya, cenderung sekadar ingin membaca apa yang dia ingin baca.

Item Type: Book
Keywords: karya sastra; buku; literasi; esai sastra
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Misbahus Surur
Date Deposited: 12 Apr 2023 09:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item