Pembentuan komunitas literasi di pos PAUD Dewi Sartika II Sumbersari Malang

Zuraidah, Zuraidah, Zuhroh, Ni’matuz, Annidjad, Siti and Oktaviana, Ulfi Kartika ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5222-4423 (2018) Pembentuan komunitas literasi di pos PAUD Dewi Sartika II Sumbersari Malang. Community Service Report. UIN Malang, Malang. (Submitted)

[img]
Preview
Text
13032.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Melalui budaya ini akan mampu meningkatkan kecerdasan dan prestasi setiap anak Indonesia, karena membaca adalah kunci meraih kesuksesan. Karena dibalik kemauan membaca, maka di sana tersimpan sejuta impian dan jendela dunia dapat kita capai. Membaca menjadi kegiatan wajib terutama dalam dunia pendidikan. Meskipun demikian, anak-anak bangsa Indonesia masih belum memiliki semangat tinggi untuk membaca. Padahal mereka adalah penerus generasi bangsa. Berdasarkan hal di atas, kami sebagai pendidik yang peduli literasi yang terjun sebagai seorang pembina bagi anak didik, ingin bisa menjadi penulis yang kreatif dan manusia yang berbudaya serta membuat komunitas masyarakat sadar literasi. Selain itu, sebagai komunitas yang baru saja terbentuk, kami ingin melangkahkan semangat tekat berjuang dan membangun mimpi demi terbentuknya masyarakat sadar literasi. Untuk itu kami ingin membuat Kelompk Literasi. Dengan harapan kami dapat terun langsung kepada masyarakat yang sadar akan pentingnya membaca dan mengenalkan program literasi.
Pengabdian masyarakat tentang tentang Pembentukan Komunitas Literasi di PAUD Dewi Sartika untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia diharapkan memberikan manfaat bagi lapisan masyarakat. Pengabdian dilakukan di Pos PAUD Dewi Sartika Sumbersari Malang. Pengabdian ini termasuk kedalam pengabdian dengan penelitian empiris karena data diperoleh langsung dari lapangan. Dalam penelitian ini peneliti harus turun langsung ke lapangan dalam upaya untuk membentuk komunitas literasi di PAUD Dewi Sartika sehingga peneliti akan menggunakan pendekatan Partisipatoris.
Hasil pengabdian sangat dinilai baik, karena dalam konteks praktik kewacanaan kegiatan Literasi disambut baik melalui keberhasilan pelaksanaan program kerja seperti kurikulum wajib baca, tantangan membaca kepada para pendidik PAUD. Kegiatan ini selain digunakan sebagai sarana belajar juga digunakan bagi para wali murid sebagai sarana konseling. Hasil konseling para wali murid lebih memfokuskan agar anak yang masih duduk di bangku PAUD tidak bermain dengan gadget. Selain itu pengabdian ini juga diharapkan dapat berlanjut, sehingga generasi berikutnya pun dapat merasakan kegiatan literasi ini.

Item Type: Community Service
Keywords: komunitas; literasi; PAUD
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Zuraidah Zuraidah
Date Deposited: 06 Apr 2023 11:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item