Tasni, Nurfaidah and Susanti, Elly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9528-4947 (2017) Membangun koneksi matematis siswa dalam pemecahan masalah verbal. Beta : Jurnal Tadris Matematika, 10 (1). pp. 103-116. ISSN 25410458
|
Text
13035.pdf - Published Version Download (556kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan proses membangun koneksi matematis dalam pemecahan masalah verbal atau soal cerita. Pada proses penyelesaian masalah verbal, diidentifikasi beberapa jenis koneksi yang dibangun siswa. Jenis soal dikembangkan berdasarkan karakteristik koneksi matematis menurut NCTM, yaitu koneksi antar topik matematika, koneksi dengan disiplin ilmu lain, dan koneksi dalam kehidupan sehari-hari. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil kerja siswa dan wawancara semi terstruktur terhadap 2 orang subjek yang dipilih dengan tehnik purposive sampling. Penelitian ini mengunkap ada tujuh jenis koneksi yang dibangun oleh siswa pada saat menyelesaikan masalah verbal, yaitu: koneksi pemahaman, koneksi jika maka, koneksi representasi yang setara, koneksi hirarki, koneksi perbandingan melalui bentuk umum, koneksi prosedur, dan koneksi justifikasi dan representasi.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | koneksi matematis; pemecahan masalah; soal verbal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education |
Depositing User: | Elly Susanti |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 10:11 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |