Pengaruh self efficacy dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada siswa

Himmah, Achida Faiqotul and Shofiah, Nurul (2021) Pengaruh self efficacy dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada siswa. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 1 (1). pp. 31-38. ISSN 2828-4577

[img]
Preview
Text
13081.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (155kB) | Preview

Abstract

Kehidupan di lingkungan sekolah seharusnya menjadi ruang eksplorasi bagi individu untuk menyalurkan kreasinya. Namun terkadang, berbagai tuntutan akademik yang banyak, tugas yang menumpuk dan jadwal kegiatan yang padat, membuat siswa mengalami keadaan jenuh dan tertekan sehingga dapat memicu terjadinya stres. Faktor yang mempengaruhi stres yakni, self efficacy yang merupakan keyakinan seseorang dalam melakukan sesuatu yang mengarah pada pencapaian tujuan. Selain itu, manajemen waktu juga diperlukan agar aktivitas seseorang dapat berjalan efektif dan seimbang antara kemampuan yang dimiliki dengan tuntutan rutinitas yang dikerjakan. Tujuan Penelitian yakni (1) memaparkan tingkat stres akademik pada siswa, (2) memaparkan tingkat self efficacy pada siswa, (2) memaparkan tingkat manajemen waktu pada siswa, dan (4) pengaruh antara self efficacy dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo yang berjumlah 67 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres akademik siswa kelas X MA Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo berada pada kategori sedang. Pada tingkat self efficacy dengan kategori sedang dan pada tingkat manajemen waktu, 70,1% juga mayoritas berada pada tingkat kategori sedang, dan berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara self efficacy dan manajemen waktu pada stres akademik dengan nilai R = 0,710 dan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) dan secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap stres akademik sebesar 50,5%. Kesimpulan dalam penelitian ini secara secara bersama-sama self efficacy dan manajemen waktu memiliki pengaruh terhadap stres akademik pada siswa kelas X MA wali songo putri Ngabar Ponorogo.

Item Type: Journal Article
Keywords: Self Efficacy; Manajemen Waktu; Stres Akademik
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Nurul Shofiah
Date Deposited: 10 Apr 2023 13:11

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item