Mubarak, Ruma and Mu'ammaroh, Nurul Lail Rosyidatul (2023) Mewujudkan pendidikan Islam yang berorientasi pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islami. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 7 (1). pp. 10-17. ISSN 25799665
|
Text
13136.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (570kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan pendidikan Islam harus dilakukan secara utuh dan komprehensif. Upaya ini harus memperhatikan semua elemen yang ada dalam sistem pendidikan baik dalam bentuk elemen organik dan elemen anorganik, serta aturan lain yang terkait dengan pengelolaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan Islam yang ideal sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Hasil kajian mengungkapkan bahwa telah muncul beberapa paradigma pengembangan pendidikan Islam, yaitu formism, mechanism, dan organism. Pendidikan Islam harus berorientasi pada tiga bidang pokok, yaitu studi Islam sebagai sumber ajaran, studi Islam sebagai bagian dari pemikiran, dan studi Islam sebagaimana yang di alami, di amalkan dan diterapkan dalam kehidupan.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | pendidikan; paradigma pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Depositing User: | Ruma Mubarak |
Date Deposited: | 05 May 2023 12:18 |
Downloads
Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)
![]() |
View Item |