Kepemimpinan kiai dalam mengembangkan wirausaha di pesantren (studi kasus di pesantren Sidogiri Kabupaten Pasuruan dan Pesantren An Nur 2 Bululawang Kabupaten Malang) (sertifikat hak cipta)

Muhamad Amin Nur dan Nurul Yaqien (2021) Kepemimpinan kiai dalam mengembangkan wirausaha di pesantren (studi kasus di pesantren Sidogiri Kabupaten Pasuruan dan Pesantren An Nur 2 Bululawang Kabupaten Malang) (sertifikat hak cipta). 000312894.

[img]
Preview
Text
13160.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis konsep kepemimpinan kiai dalam mengembangkan wirausaha di Pesantren Sidogiri Kab.Pasuruan dan Pesantren an Nur 2 Bulalawang kab.Malang, langkah-langkah strategis yang diambil para kiai untuk mengembangkan wirausaha di pesantren serta dampak atau manfaat dari pengembangan wirausaha di pesantren.
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis tudi kasus, metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konspe kepemimpinan kiai dalam mengembangkan wirausaha di pesantren Kolektif- Kolegial, Demokratis-Partisipatif, Otoritatif – Religius. Langkah strategis yang diambil kiai dalam mengembangkan wirausaha di pesantren adalah; 1) pemberdayaan santri, alumni dan masyarakat sekitar pesantren, 2). Berinergi dengan berbagai lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah, 3) Melakukan inovasi terus menerus baik produk maupun system kerja, 4) Fleksibel dalam menerapkan kebijakan, 5. Membentuk tim kerja yang solid dan memiliki integritas yang tinggi, 6.Senantiasa menyebarkan nilai-nilai religious. Adapun dampak kemanfaatan yang diperoleh dari pengembangan wirausaha dipesantren adalah dapat memberdayakan potensi santri, alumni dan masyarakat baik sebagai konsumen, distributor, maupun produsen sehingga dapat mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren yang menjadikan pesantren lebih bermartabat dan berwibawa.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: kepemimpinan; kiai; wirausaha
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Muhamad Amin Nur
Date Deposited: 11 Apr 2023 12:54

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item