Mengenal sains bagi siswa prasekolah berbasis sains dan Al-Qur’an

Abtokhi, Ahmad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2328-251X (2020) Mengenal sains bagi siswa prasekolah berbasis sains dan Al-Qur’an. UIN Maliki Press, Malang. ISBN 9786232327344 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
13251.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

Buku ini berisi tentang pembelajaran sains bagi anak usia dini (AUD). Bagian pertama membahas gambaran umum tentang anak usia dini, seperti pengertian dan karakteristik, perkembangan, peran pendidikan bagi AUD, serta model dan perspektif pendidikan AUD di Indonesia dan dalam Islam. Bagian kedua membahas teori belajar bagi AUD, mulai dari behaviorisme, kognitif, experiential learning, hingga multiple intelligences.

Bagian ketiga membahas sains bagi AUD, meliputi pengertian dan kemampuan sains, sains sebagai proses, produk, dan sikap, pentingnya pembelajaran sains, tujuan pembelajaran sains, serta nilai sains terhadap perkembangan anak. Bagian keempat membahas bagaimana mengajarkan sains pada AUD, seperti prinsip pembelajaran sains, ruang lingkup pembelajaran sains, pendekatan saintifik, bahan kajian sains, keterampilan proses sains, serta metode, strategi, dan pendekatan untuk meningkatkan KPS dalam pembelajaran sains.

Bagian kelima membahas penilaian dalam pembelajaran sains bagi AUD, mulai dari prinsip penilaian, instrumen penilaian, hingga teknik penilaian. Bagian keenam membahas pengembangan kurikulum dalam pembelajaran sains bagi AUD, seperti pengertian kurikulum, kurikulum sains, pengembangan kurikulum sains, hingga implementasi kurikulum sains.

Bagian ketujuh membahas berbagai konsep dasar sains dalam Al-Qur'an, seperti mengenal bumi dan jagat raya, informasi biologi, serta konsep fisika dan kimia. Bagian terakhir membahas pembelajaran sains pada AUD di era dan pasca pandemi, termasuk peran orang tua dan lingkungan dalam pembelajaran sains. Buku ini disusun berdasarkan sumber kajian yang terpercaya dan relevan.

Item Type: Book
Keywords: Sains; Siswa Prasekolah; Qur'an
Depositing User: Ahmad Abtokhi
Date Deposited: 13 Apr 2023 09:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item