Laporan penelitian pengembangan sistem pengelolaan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah menggunakan model scrum

Ahmad Abtokhi (2021) Laporan penelitian pengembangan sistem pengelolaan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah menggunakan model scrum. 000314177.

[img]
Preview
Text
13262.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Laporan penelitian Sistem Informasi Penelitian, PkM, dan Publikasi Ilmiah (SIP3) dirancang berdasarkan analisis kebutuhan pengguna yang terlibat dalam kegiatan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Perancangan sistem dimulai dari use case diagram, activity diagram, dan ER diagram. SIP3 dikembangkan menggunakan pendekatan scrum dan diimplementasikan dengan framework Laravel. Pada sistem awal ini terdapat empat fitur yang dihasilkan, yaitu fitur profil Peneliti/Dosen, fitur Penelitian, fitur Pengabdian kepada Masyarakat, dan fitur Publikasi. Pengembangan dengan pendekatan scrum ini membutuhkan waktu singkat, di mana untuk mengembangkan empat fitur tersebut dibutuhkan sekitar dua bulan. Efektifitas dan kepraktisan SIP3 ini dievaluasi berdasarkan empat aspek, yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna, dan keuntungan yang didapat. Dari empat aspek tersebut, aspek “keuntungan” mendapatkan rata-rata skor paling tinggi, yaitu 4,5. Pernyataan yang dinilai pada aspek tersebut adalah SIP3 membantu pengarsipan data penelitian, pengabdian, dan publikasi menjadi lebih efektif serta efisien dan SIP3 dapat menurunkan tingkat kesalahan data.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: laporan; penelitian; sistem; scrum
Depositing User: Ahmad Abtokhi
Date Deposited: 13 Apr 2023 11:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item