Buku optimasi medan listrik berpulsa untuk menurunkan jumlah bakteri Staphylococcus Aereus, Salmonella Sp., dan Escherichia coli pada susu (strategi sanitasi bahan pangan sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan dan penghematan energi listrik)

M. Tirono, Ahmad Abtokhi, dan Farid Samsu H. (2018) Buku optimasi medan listrik berpulsa untuk menurunkan jumlah bakteri Staphylococcus Aereus, Salmonella Sp., dan Escherichia coli pada susu (strategi sanitasi bahan pangan sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan dan penghematan energi listrik). 000126537.

[img]
Preview
Text
13264.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Susu adalah produk makanan yang dibutuhkan oleh masyarakat karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Memproses susu yang kurang higienis menyebabkan kontaminasi oleh bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan intensitas medan listrik minimum dan waktu pemaparan yang masih dapat digunakan untuk sterilisasi dan pengaruhnya terhadap kadar protein dan lemak susu. Penelitian ini juga menyelidiki pengaruh ukuran bakteri terhadap penurunan jumlah bakteri, karena paparan medan listrik. Penelitian dilakukan melalui percobaan laboratorium dengan sampel bakteri Staphylococcus aureus, Salmonella sp., dan Escherichia coli yang tumbuh di susu sapi segar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sterilisasi menggunakan medan listrik 2,0 - 3,5 kV / cm tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap bakteri kontaminan. Paparan medan listrik 4,0 kV / cm selama 25 menit dapat mengurangi jumlah koloni bakteri oleh 7,61, 9,19, dan 9,24 log untuk Staphylococcus aureus, Salmonella sp., dan Escherichia coli bakteri masing-masing. Sterilisasi menggunakan medan listrik 4,5 kV / cm selama 15 menit menurun sebesar 8,05, 8,65, dan 8,96 log untuk bakteri Staphylococcus aureus, Salmonella sp., dan Escherichia coli. Sterilisasi menggunakan medan listrik tidak menyebabkan penurunan kandungan protein susu tetapi menurunkan jumlah lemak. Temuan penelitian ini adalah bahwa medan listrik minimum yang masih dapat digunakan untuk sterilisasi adalah 4,0 kV / cm dengan waktu pemaparan minimal 25 menit. Ukuran bakteri yang lebih kecil membutuhkan waktu sterilisasi yang lebih lama dan intensitas medan listrik yang lebih besar daripada yang besar. Pengurangan kadar lemak dalam susu dapat dilakukan dengan menggunakan pemaparan medan listrik di atas 2,5 kV / cm.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: medan listrik; bakteri; susu
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Ahmad Abtokhi
Date Deposited: 13 Apr 2023 12:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item