Zakat di masa pandemi

Chamidah, Dewi ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1910-4953 (2020) Zakat di masa pandemi. In: Covid-19 invisible enemy: narasi historis, ritual & etika Islami di tengah pandemi. UIN Maliki Press, Malang, pp. 72-77. ISBN 978-623-232-617-0 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
13315.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Harta adalah karunia Allah swt kepada manusia dan bukan materi yg diciptakan atau diupayakan sendiri oleh manusia. Bagi manusia yang diberikan harta yang melipmah Allah mengujinya dengan zakat dan sedekah. Pada masa pandemi ini di mana kondisi wabah sedang menggerogoti seluruh sendi kehidupan manusia maka manusia yang beriman juga tidak luput dari ujian tersebut. Kondisi ini menuntut adanya kajian yang lebih mendalam tentang perihal mengeluarkan zakat dan pengentasan kemiskinan akibat wabah yang menyebar dan sudah menjadi pandemi. Maka waktu mengeluarkan zakat ini bisa dipercepat dengan tidak memilih waktu yang paling utama untuk mengeluarkannya yaitu di malam terakhir bulan Ramadhan, akan tetapi bisa dimajukan dan diawalkan supaya kebutuhan hidup masyarakat muslim lebih cepat terpenuhi.

Item Type: Book Section
Keywords: Zakat; pandemi
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Dewi Chamidah
Date Deposited: 14 Apr 2023 10:49

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item