Penelusuran skema keberagamaan mahasiswa baru dengan penyusunan platform pengukuran moderasi beragama berbasis IT

Nuqul, Fathul Lubabin, Mahpur, Mohammad and Agung, Yusuf Ratu ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1187-7214 (2020) Penelusuran skema keberagamaan mahasiswa baru dengan penyusunan platform pengukuran moderasi beragama berbasis IT. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
13331.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan salah bentuk upaya untuk mengeksplorasi radikalisme di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa radikalisme merupakan topik yang tidak kunjung tuntas untuk dieksplorasi. Perilaku radikal selalu tumbuh dengan dinamika dan bentuk baru meskipun motif yang dapat ditangkap tetap. Eskalasi kasus radikalisme dapat dipelajari dari banyak sisi, penelitian ini berusaha mengeksplorasi resiko munculnya preparator/pelaku radikalisme atau yang berpotensi terpapar oleh radikalisme.

Penelitian menyasar pada generasi muda, secara spesifik mahasiswa baru. Mahasiswa baru adalah salah satu basis yang tergolong rentang terpapar pengaruh radikalisme. Dengan profil khusus seperti berada pada rentang usia remaja akhir, pengawasan longgar, memasuki lingkungan dan berinteraksi dengan organisasi baru, seringkali membuat mahasiswa baru kehilangan orientasi bahkan terjebak pada radikalisme.

Penelitian ini menggunakan alat ukur yang telah tervalidasi untuk mengukur skema keberagamaan individu. Skema keberagamaan meliputi cara pandang, sikap dan perilaku seseorang berdasar pengetahuan agamanya. Ada empat kategori, radikal, semi radikal, semi moderat dan moderat sebagai hasil pengukurannya.

Penelitian ini juga menggunakan pengukuran berbasis web dan dilakukan secara daring sebagai bentuk pendekatan yang populer untuk generasi muda pada jaman disruptif dengan tingkat perkembangan teknologi yang sedemikian pesat. Diharapkan melalui interface yang sudah disusun memudahkan responden untuk mengisi sesuai dengan

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: moderasi beragama; pengukuran; online
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: yusuf ratu agung
Date Deposited: 14 Apr 2023 14:54

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item