Pemulihan kinerja pariwisata pasca pandemi Covid-19

Triatmanto, Boge and Wahyuni, Nanik (2022) Pemulihan kinerja pariwisata pasca pandemi Covid-19. Selaras Medika Kreasindo, Malang. ISBN 9786236980804 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
13396.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kunjungan wisatawan mancanegara pada Maret 2020 mengalami penurunan hanya 471 ribu kunjungan menurun sebesar 64,11% dari tahun sebelumnya yang sebanyak 1,3 juta kunjungan. Penurunan angka kunjungan wisata pada tahun 2020 sebesar 80.3% dari 19,4 ribu menjadi 3,8 ribu. Penurunan ini merupakan imbas dari langkah-langkah pemerintah Indonesia dan juga pemerintah negara negara lain penyumbang wisatawan potensial ke Indonesia yang memutuskan untuk menutup akses keluar-masuk negaranya demi pencegahan penyebaran Covid-19. Upaya menguatkan kembali pariwisata di era new normal tidak mungkin dilakukan tanpa peran dan kolaborasi stakeholder dalam menunjang hal tersebut. Sebagaimana konsep kolaborasi Pentahelix yaitu model yang melibatkan elemen-elemen akademisi, bisnis, pemerintah (government), komunitas (community), dan media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi sejauh mana peran sinergitas pentahelix dalam mengembalikan kondisi wisata di Jawa Timur dengan meningkatkan kunjungan wisata ke destinasi wisata. Penelitian dibangun atas premis bahwa minat berkunjung wisatawan dipicu oleh kemampuan entitas pariwisata memanfaatkan digital marketing, yang dimediasi oleh citra entitas pariwisata dan daya tarik wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif untuk membuktikan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan minat berkunjung di destinasi wisata. Populasi dalam penelitian ini adalah organisasi industry pariwisata yang terdiri dari hotel, restoran dan destinasi wisata di Jawa Timur sejumlah 4.697 entitas pariwisata yang tergabung dalam keanggotaan PHRI. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan derajat eror sebesar 5 %, sehingga didapatkan jumlah sampel sebesar 368,69 atau 369 responden. Metode pengambilan sampel dengan simple random sampling, untuk mengetahui gambaran empiris industry pariwisata di Jawa Timur. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan analisis SEM Amos, untuk memastikan kausalitas pengaruh antar variabel yang diteliti. Luaran wajib penelitian adalah accepted pada Jurnal Internasional bereputasi. Tahun 1, di Asia Pacific Management Review (Q1). Pada tahun 2, di Tourism and Hospitality Management (Q2). Pada tahun 3, di European Journal of Tourism Research (Q2). Luaran tambahan hasil penelitian ini berupa buku monograft hasil penelitian yang akan digunakan oleh praktisi sebagai pegangan untuk meningkatkan kinerja entitas pariwisata.

Item Type: Book
Keywords: Pentahelix; Kinerja Pariwisata; Minat Berkunjung; Entitas_Pariwisata
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Nanik Wahyuni
Date Deposited: 17 Apr 2023 13:37

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item