Thasya, Tiasa and Mufidah, Nuril (2022) Pemanfaatan media sosial sebagai salah satu sarana pembelajaran maharah kalam bagi mahasiswa International Class Program (ICP)2021 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selama masa pandemi Covid-19. Armala: Jurnal Pendidikan dan Sastra Bahasa Arab, 3 (2). pp. 1-21.
|
Text
13468.pdf - Published Version Download (569kB) | Preview |
Abstract
Pada penelitian ini peneliti akan berfokus pada implementasi pengajaran kalam di kelas International Class Program (ICP) dengan media sosial, faktor dan sebab yang membuat mahasiswa kurang lancar dalam mempraktekkan Maharah Kalam, dan hubungan antara kegiatan belajar di dalam kelas ICP yang menggunakan bahasa Arab dan Inggris dengan kelancaran Maharah Kalam mahasiswa.Kajian dalam penelitian ini menggunakan jenis studi kasus seperti dokumen, foto, video, sumber digital dan lainnya yang termasuk dalam penelitian kualitatif. Apabila data dari 10 video tersebut telah terkumpul, langkah yang diambil peneliti selanjutnya adalah mengevaluasi dan menganalisis kembali data yang telah diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa dari mereka masih belum lancar berbicara bahasa arab karena beberapa faktor internal seperti belum memahami kosa kata, bingung untuk mencari bahan bicara yang akan disampaikan selanjutnya, gugup, tidak percaya diri, dan kurangnya pembiasaan dalam berbicara bahasa arab dan pengaruh pembelajaran di kelas menggunakan bahasa asing hanya menambah wawasan mahasiswa tentang kosa kata. Selain berasal dari faktor eskternal seperti proses pembelajaran bahasa menggunakan bahasa asing di kelas, mahasiswa juga harus mengasah faktor internal seperti mengasah skill kemampuan berbicara dari dalam diri agar tidak takut untuk menyampaikan sesuatu dalam bahasa Arab
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Maharah Kalam; berbicara; bahasa |
Divisions: | University Library |
Depositing User: | Dr Nuril Mufidah |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 11:24 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |