Trenggalek pada suatu pagi

Surur, Misbahus ORCID: https://orcid.org/0000-0002-9370-5004 (2017) Trenggalek pada suatu pagi. Akademia Pustaka, Tulungagung. ISBN 978-602-6706-06-5 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Image
13479.jpg

Download (101kB) | Preview

Abstract

Kamus Kawi-Indonesia karangan Prof. Drs. S. Wojowasito, menerakan bahwa kata treng mengandung arti ”bagian dalam”, sementara gale punya makna ”menolak”. Dikatakan pula kata treng berarti ”tempat”, sementara gale berarti ”dalam” atau ”jauh”. Pada akhir vokal e menimbulkan paragogo, sehingga Treng-gale menjadi Trenggale(k). Tambahan ”k” itu analoginya adalah kata daya menjadi daya(k); adi menjadi adik.

Sementara menurut kamus Kawi-Jawa susunan Winter dan Ranggawarsita, terlacak—dengan pemenggalan yang berbeda dengan yang di atas—bahwa kata trengga bermakna lintang, sementara kata galé berarti sabar.

Dari keterangan S. Wojowasito itulah kemudian Abdul Hamid Wilis (Mbah Hamid), memberikan keterangan bahwa Trenggalek secara definitif adalah daerah atau wilayah yang identik dengan ”tempat yang jauh” alias ”daerah pedalaman”. Pengertian Wilayah yang jauh itu adalah sebuah tempat yang sulit dijangkau dari beberapa pusat ibu kota negara-kerajaan yang pernah tampil secara silih berganti di sepanjang abad-abad lampau. Sebut saja antara lain, secara letak, Trenggalek jauh dari ibu kota Mataram Hindu (yang berada sekitar Yogyakarta), jauh dari Kahuripan (sekitar hilir Sungai Brantas), jauh dari Singasari (di sekitar Malang), jauh dari Kediri (Daha), jauh dari pusat kota Majapahit (di sekitar Mojokerto), jauh dari Demak Bintoro (di Demak), jauh dari Pajang (sekitar Solo-Sragen), juga jauh dari Mataram Islam: di Kartasura dan Yogyakarta.

Item Type: Book
Keywords: etnografi; Trenggalek; folklore; sejarah
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210108 Historical Archaeology (incl. Industrial Archaeology)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Misbahus Surur
Date Deposited: 17 Apr 2023 14:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item