Penerapan teknologi bangunan dalam desain arsitektur Islami sebagai pembelajaran arsitektur di masa depan yang interaktif dan inovatif (laporan penelitian)

Firmansyah, Aldrin Yusuf ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6671-0564, Samudro, Harida ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2973-078X and Bahar, Moh. Arsyad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5914-3108 (2020) Penerapan teknologi bangunan dalam desain arsitektur Islami sebagai pembelajaran arsitektur di masa depan yang interaktif dan inovatif (laporan penelitian). Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)

[img]
Preview
Text
13480.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi secara makro oleh pentingnya aspek teknologi bangunan pada kurikulum pendidikan arsitektur, baik oleh International of Union Architects (UIA) sebagai lembaga pengelola kurikulum pendidikan arsitektur dunia, maupun oleh industri konstruksi. Hal ini mengingat pentingnya kajian pembelajaran bidang teknis berbasis teknik struktural, konstruksi, material yang responsif, interaktif, inovatif dan berpusat pada mahasiswa (student centered learning), serta perlu adaptasi terhadap revolusi industri 4.0. Pembelajaran Arsitektur saat ini juga terlalu berkonsentrasi terhadap bentuk, ruang, fungsi maupun teori-teori desain. Aspek fundamental lainnya sebagai pertimbangan adalah prodi Teknik Arsitektur UIN Malang telah berupaya membangun kurikulum arsitektur yang kontekstual dan berjati diri Islami dengan backbone mk. Desain Arsitektur Islami 1-6, yang terpadu dengan mk Teknologi Bangunan 1-4. Pandemi Covid-19 juga memunculkan hikmah tersendiri dibalik musibah, yaitu akan memunculkan kultur baru pembelajaran secara hibrida berupa integratif online - offline, serta interatif dan inovatif di masa mendatang meskipun pandemi sudah berlalu. Oleh karenanya, perlu dikaji bagaimana strategi penerapan teknologi bangunan dalam desain arsitektur islami sebagai pembelajaran arsitektur di masa depan yang interaktif dan inovatif. Penelitian berlandaskan teori Technical Drawing Evaluation Grid (TDEG) sebagai media eksplorasi aspek inovatif, dan teori Problem Based Learning (PBL) untuk aspek interaktif, dengan pendekatan kualitatif berdasarkan skala sikap Likert terhadap para mahasiswa Teknik Arsitektur UIN Malang yang telah mendapat pembelajaran mk. Teknologi Bangunan selama pembealajaran online masa pandemi Covid-19, serta ditunjang intreview dengan ahli kurikulum teknologi bangunan dari New Zealand sebagai mitra pengembangan akademik prodi Teknik Arsitektur UIN Malang. Hasil penelitian menunjukkan temuan inovasi pembelajaran teknologi bangunan pada aspek teknik, strategi, penilaian dan evaluasi.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: teknologi bangunan; inovatif; interaktif
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011099 Architecture of Building for Educational and Research Purposes not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: Mohammad Arsyad Bahar
Date Deposited: 18 Apr 2023 08:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item