Ensiklopedia arsitektur: 27 konsep dan istilah dasar dalam arsitektur

Fahruddin, M. Mukhlis, Samudro, Harida ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2973-078X, Wismantara, Pudji Pratitis, Gautama, Achmad Gat, Handryant, Aisyah Nur, Yulianto, Yulianto, Bahar, Moh. Arsyad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5914-3108, Maslucha, Luluk, Ningsih, Anita Andriya, Junara, Nunik, Kurniawaty, Prima, Putrie, Yulia Eka ORCID: https://orcid.org/0000-0002-9693-5841, Purbasari, Prima, Permana, Krisna Adi, Senjana, Suci ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7117-7319 and Budianto, M. Agus (2020) Ensiklopedia arsitektur: 27 konsep dan istilah dasar dalam arsitektur. UIN Maliki Malang Press, Malang. ISBN 978-623-232-697-0 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
13488.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Sejak kehadiran Jurusan Teknik Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 16 tahun lalu, arsitektur Islami yang diusung sebagai distingsi memberikan ragam dan warna yang berbeda pada dunia arsitektur. Karena itu, substansi Ensiklopedia Arsitektur ini berupaya menjabarkan istilah dan konsep yang integratif dan melebur untuk memberikan wawasan umum dan Islami bagi masyarakat awam, mahasiswa, praktisi dan pemerhati arsitektur, khususnya pandangan terhadap arsitektur Islami. Buku ensiklopedia ini juga dapat dijadikan rujukan awal untuk memudahkan pembaca memahami konsep arsitektur Islami. Disusun berdasarkan huruf alfabet yang merupakan istilah-istilah dalam arsitektur dan dunia Islam. Muatan integratif di dalam ensiklopedia ini berupa kajian nilai-nilai keislaman yang bersifat inspiratif – selektif bagi keilmuan arsitektur, khususnya yang terkandung di dalam istilah-istilah tersebut. Penyusunan Ensiklopedia Arsitektur ini merupakan seri awal, sehingga diperlukan saran membangun untuk menyempurnakannya. Seri berikutnya akan dikembangkan lagi untuk menambah khasanah keilmuan di dunia arsitektur, khususnya arsitektur Islami

Item Type: Book
Additional Information: Saat ditugasi menyusun ensiklopedia ini, kami dihadapkan kepada berbagai pilihan format dan tema. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana menyusunnya dengan keterbatasan waktu tertentu. Akibatnya perlu ada kompromi dalam menyajikannya, antara lain perlu banyak menampilkan sumber daya grafik dan foto dari sumber eksternal. Akan membutuhkan banyak waktu dan sumberdaya jika kami seratus persen menyusunnya dari sumber sendiri. Setelah dimusyawarahkan, diputuskan bahwa format ensiklopedia ini berdasarkan urutan huruf alfabet latin dengan kata kunci tertentu mewakili setiap hurufnya. Kata kunci tersebut adalah istilah-istilah yang penting dan mendasar bagi seseorang yang meminati pengetahuan arsitektur. Sebisa mungkin kami berangkat dari nilai-nilai universal/kesemestaan, dengan kata lain nilai Qur’ani, dalam mengurai-jelaskan setiap kata kunci. Bila tidak, segala kekhilafan berasal dari kami segenap tim penyusun. Diputuskan pula bahwa buku ini disusun dengan mempertimbangkan masyarakat umum sebagai pembacanya. Dengan demikian, gaya bahasa populer berusaha kami terapkan dalam penjelasannya. Kami harap, buku ini dapat dinikmati berbagai kalangan yang memiliki minat terhadap arsitektur.
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: Mohammad Arsyad Bahar
Date Deposited: 18 Apr 2023 08:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item