Konsep gerak (al-Jary) dalam al-Qur’an dan sains modern (studi tematik mengenai kesetimbangan benda-benda alam semesta)

Barizi, Ahmad and Nashichuddin, Ach. ORCID: https://orcid.org/0009-0006-8273-8878 (2012) Konsep gerak (al-Jary) dalam al-Qur’an dan sains modern (studi tematik mengenai kesetimbangan benda-benda alam semesta). Research Report. UIN Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
13492.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Alam semesta ini diciptakan oleh Allah Swt. dengan sebaik-baiknya, sehingga benda yang satu dengan lainnya tidak berlawanan, namun beriringan atau sistematis termasuk dalam penciptaan benda-benda langit yaitu matahari, bulan dan bintang.
Hidup adalah gerak. Tanda-tanda adanya kehidupan di dunia ini adalah adanya gerakan, meski sesuatu yang bergerak itu mungkin bergerak dengan sendirinya atau digerakkan oleh Sesuatu (Tuhan) yang Maha Kuasa. Seperti terungkap pada ayat al-Qur’an di atas yang menyatakan bahwa bintang-bintang (planet-planet) di alam raya ini ber-gerak sesuai hukum Tuhan.
Gerak matahari, bulan, dan bumi serta bintang-bintang (planet-planet) lain terus berlangsung tanpa bersinggungan sedikit pun dengan kehidupan kita. Padahal, semua fenomena ini terjadi untuk memberi kehidupan di muka bumi dan aneka kemungkinan di dalamnya. Bumi mengitari matahari, siang berganti malam, dan musim pun silih berganti secara berkelanjutan dan stabil ini menunjukkan adanya GERAKAN di bawah kuasa intelegensia universal yang bias dilacak pada Kitab Suci dan Sains secara integratif. Sebab, semua gerakan matahari, bulan, dan bumi serta bintang-bintang (planet-planet) yang terus berlangsung dalam keselarasan sempurna menyimpan misteri GERAK yang perlu diurai secara Tematik-Qur’anik dan Ilmiah-Saintifik.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: gerak (al-Jary); al-Qur'an; dan sains modern
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Biology
Depositing User: Ahmad Barizi
Date Deposited: 18 Apr 2023 10:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item