Radikalisme Islam kampus (melacak pemikiran Islam radikal mahasiswa kampus negeri di Malang)

Barizi, Ahmad and Nashichuddin, Ach. ORCID: https://orcid.org/0009-0006-8273-8878 (2013) Radikalisme Islam kampus (melacak pemikiran Islam radikal mahasiswa kampus negeri di Malang). Research Report. UIN Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
13495.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Pasca runtuhnya Orde Baru pada tahun 1998, pemikiran dan gerakan Islam di tanah air mengalami perkembangan yang signifikan. Signifikansi perkembangan itu sedikitnya bisa dibaca pada mengemukanya pluralitas pemikiran dan gerakan Islam radikal (yang kadang bersifat politik) di satu sisi dan pada saat yang sama muncul Islam liberal (yang mendewakan rasio) di sisi lain. Dua kutub pemikiran dan gerakan Islam itu kadang dan bahkan seringkali mengalami benturan, silangsengkarut (meminjam istilah Samsul Arifin, 2009), ketegangan, kurang harmonis, dan bahkan saling menghujat.Kecuali itu, di pihak lain muncul pemikiran dan gerakan Islam sufistik yang lebih menekankan spiritual dan moral untuk memerkokoh tatanan prilaku kehidupan sosial yang harmoni, santun, dan toleran.
Mengingat banyaknya ragam organisasi Islam radikal yang berkembang di tanah air seperti disebutkan di atas, maka penulis hanya memokuskan pada organisasi mahasiswa KAMMI, sebagai satu-satunya organisasi mahasiswa Islam yang “dipandang” cukup intensif mengusung paham dan pemikiran Islam “radikal”, yang ada pada tiga kampus negeri di Malang, yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Malang (UM).

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Islam radikal; KAMMI; dan pemikiran keislaman mahasiswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Interdisciplinary Islamic Education
Depositing User: Ahmad Barizi
Date Deposited: 18 Apr 2023 10:42

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item