Konsep pembelajaran integratif (studi kasus model pengembangan pembelajaran berbasis integrasi sains dan Islam di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Barizi, Ahmad (2016) Konsep pembelajaran integratif (studi kasus model pengembangan pembelajaran berbasis integrasi sains dan Islam di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Research Report. UIN Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
13498.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Konsep Pembelajaran, Pembelajaran berbasis Integrasi Sains
dan Islam, Fakultas Sains dan Teknologi.

Konsep pembelajaran integrasi uul al-bab diyakini dapat dibentuk lewat proses pendidikan yang dipola sedemikian rupa. Pola pendidikan yang dimaksudkan itu ialah pendidikan yang mampu membangun iklim yang dimungkinkan tumbuh dan berkembangnya dzikr, fikr dan amal shaleh. Menyesuaikan dengan konteks ke-Indonesia-an, bentuk riil pendidikan di Fakultas Saintek, diformat sebagai konvergensi antara tradisi pesantren (ma`had) dan tradisi perguruan tinggi. Pesantren telah lama dikenal sebagai wahana yang berhasil melahirkan manusia-manusia yang mengedepankan dzikr, sedangkan perguruan tinggi dikenal mampu melahirkan manusia fikr dan selanjutnya atas dasar kedua kekuatan itu melahirkan manusia yang berakhlak mulia dengan selalu berkeinginan untuk beramal shaleh. Secara khusus, penelitian ini ingin menganalisis bagaimana konsep pembelajaran yang berbasis Integrasi Sains dan Islam di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Orientasi yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan meliputi; wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga tehnik tersebut diorganisasi, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, selanjutnya dilakukan analisis guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yang secara general diantaranya; Model Integrasi keilmuan yang ada di Fakultas Saintek UIN Maulana Maulana Malik Ibrahim Ibrahim Malang adalah menggunakan metafora sebuah pohon yang kokoh dan rindang, sebagai penggambaran bersifat integratife, yang berbuah ilmu, iman, amal sholeh dan al-akhlaqul karimah yang dilandasi ridha Allah swt, yang disebut ulama’ intelek profesional dan intelek professional yang ulama’. Konsep Pembelajaran Integrasi berbasis Sains dan Islam, terlihat dalam prinsip nilai tauhid, fikir, amal sholeh dan akhlaqul karimah. Pengorganisasian pembelajaran dengan pendekatan berbasis integratif, dengan mensinergikan atau mendialogkan agama dan sains, hal ini terlihat dalam silabus pembelajaran dan hasil karya mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menambah kajian literatur tentang konsep pembelajaran berbasis integrasi di perguruan tinggi, selain itu menjadi bahan evaluasi dalam pengambilan kebijakan oleh stakeholder, dan seluruh civitas akademika agar mengembangkan tradisi yang positif yang bisa meningkatkan intelektualitas dan spiritualitas.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: konsep pembelajaran; pembelajaran berbasis integrasi sains dan Islam; Fakultas Sains dan Teknologi.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Interdisciplinary Islamic Education
Depositing User: Ahmad Barizi
Date Deposited: 18 Apr 2023 10:56

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item