Barizi, Ahmad (2017) Model pengembangan perilaku religius dan perilaku akademik mahasiswa(studi kasus pada Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Research Report. UIN Malang, Malang. (Unpublished)
|
Text
13503.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Ada dua kecenderungan yang bisa diidentifikasi berkaitan dengan zaman globalisasi. Pertama, semakin kuatnya dominasi ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam kehidupan manusia. Iptek menjadi “malaikat imajinatif” kreativitas dan produktivitas, mampu merekayasa apa saja semaksimal mungkin bagi kepentingan hidup manusia. Kedua, kuatnya dominasi Iptek pelan-pelan menggeser nilai-nilai luhur yang secara universal dijunjung tinggi oleh manusia. Nilai-nilai kemanusiaan, budaya, dan agama mengalami alienasi baik pemahaman, pelestarian, maupun aplikasinya. Hampir mayoritas pemerhati sosial dan keagamaan sependapat bahwa, globalisasi dan teknologi menyebabkan bergesernya nilai baik-buruk di masyarakat.
Atas dasar itulah, maka pendidikan berbasis integrasi sains dan Islam terutama di perguruan tinggi merupakan sesuatu yang menarik untuk dikuak. Riset ini mencoba mengurai perilaku relgius dan akademik mahasiswa yang "dibaingkai" oleh proses pembelajaran berbasis pengembangan integrasi sains dan Islam.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | perilaku religius dan akademik; pembelajaran berbasis integrasi sains dan Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies |
Divisions: | Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Interdisciplinary Islamic Education |
Depositing User: | Ahmad Barizi |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 11:13 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |