Ijtihad ekologis pesantren dalam upaya konservasi hutan dan sumber daya air (studi pada Pesantren Nurussalam Singgahan, Tuban)

Barizi, Ahmad and Kosbandhono, Erryk (2021) Ijtihad ekologis pesantren dalam upaya konservasi hutan dan sumber daya air (studi pada Pesantren Nurussalam Singgahan, Tuban). Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
13505.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Upaya konservasi hutan di Indonesia masih menjadi agenda nasional yang masih jauh dari yang diharapkan. Upaya tersebut harus menghadapi kenyataan deforestasi yang semakin tinggi. Deforestasi yang tinggi di Indonesia tersebut menambah panjang daftar kerusakan lingkungan di Indonesia.
Upaya untuk mencegah kerusakan lingkungan telah banyak dilakukan, namun hingga kini masih belum menunjukan hasil yang diharapkan. Dari sinilah kemudian muncul gagasan untuk melibatkan agama melalui ijtihad ekologis dalam upaya mengatasi kerusakan lingkungan. Gagasan ini bertolak dari keyakinan bahwa agama mempunyai peran dalam membentuk prilaku manusia.
Sebagai sebuah institusi pendidikan agama, pesantren dengan demikian mempunyai potensi besar dalam upaya pelestarian alam. Riset ini mencoba mengeksplorasi secara mendalam mengenai peran Pesantren Nurussalam Tuban-Jawa Timur dalam melakukan ijtihad ekologis sudah selayaknya dikaji terkait dengan peranya dalam menjaga, melindungi dan melestarikan kawasan hutan and melestarikan sumberdaya air.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: ijtihad ekologis; pelestarian alam; Pesantren Nurussalam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Interdisciplinary Islamic Education
Depositing User: Ahmad Barizi
Date Deposited: 18 Apr 2023 12:20

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item